Polisi Amankan Ratusan Gas Oplosan di Sebuah Warteg di Bogor

| 06 Sep 2022 15:55
Polisi Amankan Ratusan Gas Oplosan di Sebuah Warteg di Bogor
Wakapolres Bogor Kompol Wisnu Perdana Putra saat

ERA.id - Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, membongkar gudang gas lpg oplosan di wilayah Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Dari pengungkapan tersebut, polisi menyita ratusan tabung gas oplosan ukuran tiga sampai 12 kilogram.

Wakapolres Bogor Kompol Wisnu Perdana Putra mengatakan ratusan tabung gas tersebut didapatkan dari sebuah warung yang dikamuflase menjadi warteg oleh pelaku berinisial RP.

"Awalnya pelaku berinisial RP tidak mengakui jika warteg tersebut adalah miliknya. Namun setelah kami selidiki, ada ratusan tabung gas di dalamnya," kata Wisnu di Mako Polres Bogor, Selasa (6/9/22).

Dari pengungkapan tersebut, polisi mengamankan sebanyak 508 tabung lpg 3 kilogram bersubsidi. Lalu 67 lpg 12 kilogram dalam keadaan kosong dan 103 tabung lpg 3 kilogram keadaan kosong.

Wisnu menjelaskan, pelaku mengoplos gas tersebut dengan  cara membeli tabung ukuran tiga kilogram dengan jumlah banyak dari agen di wilayah Bogor, kemudian dimasukkan ke dalam tabung gas berukuran 12 kilogram.

"Dimasukkan oleh pelaku dengan cara disuntik. Dia masukkan gas empat tabung ukuran 3 kilogram ke dalam tabung 12 kilogram," jelasnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo Tarigan menyebutkan, penjualan tabung yang dilakukan pelaku dimulai dari pukul 21.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB. Itu dilakukan untuk menghindari kecurigaan warga dan petugas.

"Dijualnya ke wilayah Jakarta. Rata-rata pembeli datang sendiri ke lokasi," kata Siswo.

Karena perbuatannya, pelaku dijerat pasal berlapis seperti Undang-undang (UU) Cipta Kerja dan Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp60 miliar.

Rekomendasi