Baru Setahun Dibangun, Trotoar Rp3,7 Miliar di Tangerang Sudah Rusak, Dikerja Asal-asalan?

| 22 Sep 2022 11:34
Baru Setahun Dibangun, Trotoar Rp3,7 Miliar di Tangerang Sudah Rusak, Dikerja Asal-asalan?
Trotoar rusak di Jalan Satria Sudirman, kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang. (M. Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Trotoar yang dibuat dengan nilai kontrak Rp3,7 miliar pakai duit rakyat, di Jalan Satria Sudirman, kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang, ambles sepanjang 20 meter.

Uniknya, fasilitas umum pejalan kaki tersebut baru dibangun pada tahun 2021 lalu dan rusak setahun kemudian.

Salah seorang pejalan kaki, Edi Saputra (50) menilai, kondisi trotoar yang rusak itu sangat membahayakan bagi pengguna jalan, terlebih untuk penyandang disabilitas, sebab jalur khusus difabel pada trotoar itu turut ambles.

"Ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan, apalagi untuk difabel. Ini kan baru tahun kemarin diganti trotoarnya, sekarang udah rusak lagi," ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, penataan ulang trotoar itu hanya membuang-buang anggaran. Apalagi, dengan perbaikan yang tergolong masih baru.  

"Yah kalau rusak begini kan kesannya mubazir. Kita bayar pajak, harusnya kan kita sebagai masyarakat menikmati fasilitas yang layak, bukan rusak," jelasnya.

"Ngerjain itu asal-asalan, seharusnya kan benar-benar harus dipadat bawahnya. Proyek itu asal-asalan, yang penting waktu di fotonya bagus laporan," imbuhnya.

Sementara itu, seorang petugas kebersihan di Jalan Satria Sudirman, Aan Srihana mengatakan, trotoar itu telah mengalami kerusakan sejak 6 bulan lalu.  

"Sudah hampir enam bulan kondisi rusak begini, saya kan sering nyapu di sini, jadi saya tahu. Sempat kan itu diperbaiki tahun lalu, terus sekarang rusak lagi," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang belum merespons terkait amblesnya trotoar tersebut.

Rekomendasi