Proyek Galian IPAL di Jalanan Bikin Warga Makassar Sengsara, Kasihan

Tim Editor

Polisi saat memeriksa jalanan rusak karena proyek IPAL di Makassar. (Antara)

ERA.id - Beberapa ruas jalan di Kota Makassar, Sulsel, terutama di sekitar Jl. Ratulangi, sengaja dirusak demi proyek pengerjaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Sayangnya, proyek ini membuat masyarakat geram.

Salah satu warga berkeluh di Facebook-nya, yakni Sang Petualang Jr. "Tolong buat pemegang proyek galian limbah yang sementara dikerja, kalau bisa tolong selesaikan dulu satu galian limbah di satu ruas jalan, baru dikerjakan di ruas lain. Soalnya menimbulkan kemacetan di beberapa titik, terima kasih," katanya.

Postingannya pun menjadi viral dan dikomentari oleh beberapa netizen. "Itu semua (pengerjaan galian limbah) mi bikin rusak jalan Kota Makassar. Sudah buat macet bikin rusak lagi (jalan). Apa bede (apasih) gunanya buat warga Makassar. Coba ko gali (lu gali) baru ko perbaiki (lu perbaiki) seperti sedia kala. Ini belum selesai satu, pindah mi di tempat lain, dompala (tolol)," kata Karaeng Tata Bobhy.

Selain itu, ada juga warga yang diduga sangat merasakan dampak dari galian limbah tersebut. Apalagi saat musim hujan, jalan tersebut terasa licin dan membahayakan pengendara lain.


"Memang, kiri kanan mi na gali baru kalau sudah na gali na cor ji tapi lobang-lobang ji juga bikin rusak motor membahayakan pengendara jalan (kiri kanan digali, terus kalau udah digali hanya dicor doang. Lubangnya pun bikin rusak motor dan membahayakan pengguna jalan). Debunya juga berterbangan, belum lagi kalau hujan air tergenang dan licin," tulis Muhammad Andhy Gunawan.

Ada lagi warga yang berharap agar pemerintah terkait segera menyelesaikan proyek galian tersebut.

"Maunya toh selesaikan memang mi (maunya sih selesaikan aja dulu). Karena ini jalanan bukan rumah pribadi mau dibangun. Tolonglah pemerintah setempat menyelesaikan proyek tersebut," pinta Edhy.

Tag: pemprov sulsel proyek infrastruktur makassar jalan rusak pemkot makassar

Bagikan: