Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp180 Miliar untuk Peningkatan Infrastruktur

| 30 Sep 2022 08:15
Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp180 Miliar untuk Peningkatan Infrastruktur
Ilustrasi pemkot Kabupaten Tangerang (Iqbal/ ERA)

ERA.id -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menyiapkan dana sebesar Rp180 miliar untuk perbaikan atau peningkatan pembangunan infrastruktur jaringan jalan dan drainase yang telah termasuk dalam APBD Perubahan Tahun 2022.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah Effendi mengatakan anggaran senilai ratusan miliar yang disiapkan sebagai upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Dalam proses pembangunan ini, harus melalui mekanisme lelang. Jadi masyarakat bersabar untuk menikmati hasilnya," ujar Iwan, Kamis (29/9/2022).

Iwan menuturkan infrastruktur yang akan diperbaiki di antaranya jaringan jalan fungsi lokal primer sebanyak 301 ruas dengan panjang kurang lebih 992 Kilometer.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan jaringan simpang tidak sebidang atau jembatan Cisauk dengan panjang 900 meter dan panjang jembatan sekitar 500 meter.

"Pembangunan flyover ini sudah masuk proses pengadaan barang dan jasa di LPSE. Saat ini sedang proses lelang dan telah masuk tahap evaluasi," ucapnya.

Iwan menjelaskan untuk pembangunan atau normalisasi drainase di Kabupaten Tangerang yang ditujukan untuk penanganan banjir akan dilakukan pada Oktober 2022.

"Nanti pembangunan penanganan banjir itu akan bekerjasama dengan TNI. Pembangunan itu dilaksanakan Oktober, sedangkan untuk pelengkapnya kita lanjutkan di 2023," jelasnya.

Menurut Iwan, rencana peningkatan infrastruktur yang dilakukan diharapkan dapat dimanfaatkan dan dijaga bersama oleh masyarakat dari fungsi atas pembangunan tersebut.

"Karena rata-rata pembangunan jalan itu hanya muat seberat 8 ton, jadi masyarakat harus menjaga dan merawat bersama supaya nanti kualitasnya bisa lebih panjang dalam pemanfaatannya," ungkapnya.

Rekomendasi