Perbaikan Jalan di Tangerang Telan Biaya Rp115 Miliar

| 12 Oct 2021 17:55
Perbaikan Jalan di Tangerang Telan Biaya Rp115 Miliar
Proyek Perbaikan Jalan di Tangerang (Iqbal/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat ini tengah melakukan pembangunan serta perbaikan infrastruktur jalan. Terdapat 26 jalan mulai dari jalan utama, trotoar hingga lingkungan dengan bahan yang digunakan beton dan Paving blok.

Kepala Bidang Bina Marga untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Muhammad Ichsan mengatakan progres perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan itu sebagian ada yang sudah 40 hingga 60 persen. Namun, sebagian pula masih ada yang menunggu lelang.

"Kalo progres pekerjaan kalo jalan utama itu bervariasi, antara 40 sampai 60 persen lah. Kalo untuk yang tahapan satu itu sudah selesai semua. Kemudian tahapan kedua 40 sampai 60 persen progresnya," ujarnya, Selasa, (12/10/2021).

Meski demikian pihaknya menargetkan progresnya rampung di akhir tahun ini.

"Ada yang akhir November ada yang akhir tahun, bervariasi dih kontrak nya. InsyaAllah bisalah akhir tahun," katanya.

Dia mengungkapkan total anggaran yang dihabiskan dalam program tersebut mencapai Rp100 Miliar lebih. Berdasarkan penelusuran di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Tangerang dari 26 paket baru 21 saja yang terdaftar. Jumlahnya mencapai Rp115.698.000.000.

"Jalan Juanda dan Suryadarma ada 2 paket, yang pertama menggunakan tahap pertama yang sudah selesai, TPU Selapajang sampai terowongan. Kalo yang pakai APBD itu dari batas kota Bojong Renged sampai ke arah terowongan," katanya.

Mantan Kepala Seksi Pelayanan Administrasi Bangunan Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang ini mengatakan anggaran yang digunakan itu dari berbagai sumber. Sebagian besar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sisanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat dan bantuan Provinsi Banten.

DAK yang didapat yakni Rp2 Miliar yang digunakan untuk Peningkatan Jalan Marsekal Suryadarma. Kemudian, Rp15 Miliar digunakan untuk Peningkatan Jalan Husein Sastranegara.

"Bantuan dari gubernur Banten itu hampir Rp15 Miliar lebih. Dan DAK Rp 2 Miliar untuk Jalan Marsekal Suryadarma, tapi dengan hasil lelang sekitar Rp1,6 Miliar," jelas Ichsan.

Rekomendasi