Perampok Toko Emas di ITC BSD Serpong Ditangkap

| 30 Sep 2022 10:06
Ilustrasi perampokan (Antara)

ERA.id - Polisi menangkap empat perampok toko emas di ITC BSD Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Menurut Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, Kamis (29/09/2022) malam, para tersangka berinisial SD, TH, MK, dan HR (34).

Keempat tersangka ditangkap di 3 lokasi, yakni di Bogor, Jawa Barat, Grobogan, Jateng, dan Benda, Kabupaten Tangerang.

Sebanyak dua senjata api pabrikan dan sejumlah peluru, turut diamankan dari tangan tersangka.

"(Peran masing-masing tersangka) ada eksekutor, ada pilot (atau) yang mengawasi, ada penyedia senjata dan yang menyimpan senjata," jelasnya.

Hengki enggan bicara lebih jauh. Dia mengatakan, kasus ini akan dirilis nanti di Polres Tangsel. Dia hanya menambahkan, polisi masih mendalami apakah para tersangka diduga terlibat dengan aksi terorisme atau tidak.

"Sedang pendalaman bersama-sama Densus 88 apakah rentetan perampokan dari sindikat ini adalah terkait teror (atau tidak)," kata Hengki.

Sebelumnya, terjadi perampokan dengan senjata api di toko perhiasan Sinar Mas di ITC BSD Serpong, Tangsel pada pukul 11.47 WIB, Jumat (16/9/2022).

"Pelaku menggunakan masker warna hitam, topi warna hitam, celana panjang, baju warna hitam dan sarung tangan warna hitam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di hari kejadian.

Zulpan menambahkan pelaku sempat menembak sekali. Pelaku juga mencuri emas dengan memecahkan etalase di toko emas tersebut.

"Pelaku langsung mengambil emas yang berada di dalam etalase dengan menggunakan tangan kiri sambil pelaku menodongkan senpi kepada orang yang ada di sekitar TKP," tambahnya.

Rekomendasi