Salah Satu Pelaku Perampokan Emas di ITC BSD Serpong Tangsel Merupakan Pecatan TNI

| 30 Sep 2022 12:47
Salah Satu Pelaku Perampokan Emas di ITC BSD Serpong Tangsel Merupakan Pecatan TNI
Lokasi toko emas yang mengalami perampokan di ITC BSD (Antara)

ERA.id - Polisi mengungkap salah satu pelaku yang merampok emas di ITC BSD Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan pecatan anggota TNI.

"Iya benar inisial MK (merupakan pecatan TNI). (Peran MK adalah) penyedia senjata api," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat (30/09/2022).

Selain melakukan perampokan di ITC BSD Serpong, Hengki menjelaskan para tersangka ini juga telah beraksi di dua tempat lainnya. Dia mengatakan komplotan ini merupakan spesialis perampokan toko emas.

"Mereka merampok lebih dari satu TKP, semuanya toko emas. Pengakuan sementara sudah tiga toko emas wilayah Tangerang Selatan dan Banten," tambahnya.

Sebelumnya, polisi menangkap empat pelaku perampokan toko emas di ITC BSD Serpong, Tangsel. Keempat tersangka itu adalah SD, TH, MK, dan HR (34).

Hengki menjelaskan keempat tersangka ditangkap di 3 lokasi berbeda, yakni di Bogor, Jawa Barat, Grobogan, Jateng, dan Benda, Kabupaten Tangerang. Dari penangkapan ini, sebanyak dua senjata api pabrikan dan sejumlah peluru turut diamankan dari tangan tersangka.

"(Peran masing-masing tersangka) ada eksekutor, ada pilot (atau) yang mengawasi, ada penyedia senjata dan yang menyimpan senjata," jelas Hengki.

Kombes Hengki enggan bicara lebih jauh. Dia mengatakan kasus ini akan dirilis nanti di Polres Tangsel. Dia hanya menambahkan polisi masih melakukan pendalaman apakah para tersangka ini diduga terlibat dengan aksi terorisme atau tidak.

"Sedang pendalaman bersama-sama Densus 88 apakah rentetan perampokan dari sindikat ini adalah terkait teror (atau tidak)," kata Hengki.

Rekomendasi