Ganjar Perkuat Pengawasan Agar Subsidi APBD Efektif Turunkan Harga

| 30 Sep 2022 22:03
Ganjar Pranowo (Dok Pemprov Jawa Tengah)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkuat pengawasan agar subsidi dari APBD untuk membiayai transportasi barang dari sentra produksi ke pasar dapat efektif memangkas harga jual ke masyarakat.

“Jangan sampai subsidinya diberikan, sampai ke pasar harga yang masih tetap saja. Ini harus dilakukan dengan kontrol,” kata Ganjar dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi memberi arahan kepada kepala daerah agar menggunakan anggaran belanja tak terduga dan dana transfer umum di APBD untuk membiayai transportasi komoditas pangan dari tempat produksi ke pasar.

Dengan begitu, harga pangan yang dibebankan kepada pembeli dapat lebih murah karena biaya transportasi tersebut sudah dikompensasi APBD.

Hal tersebut, kata Presiden, dapat mencegah kenaikan harga pangan setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 3 September 2022.

Ganjar menyebutkan Pemprov Jateng sudah menyiapkan langkah lain untuk mencegah kenaikan inflasi setelah penyesuaian harga BBM.

Langkah tersebut, ujar Ganjar, antara lain, operasi pasar, selain upaya yang diinstruksikan Presiden mengenai pemberian subsidi transportasi.

Pemprov Jateng, kata Ganjar, akan meningkatkan operasi pasar guna memastikan ketersediaan bahan pokok.

“Sepertinya memang kurang, itu kita coba lebih masif lagi (operasi pasar),” ujar Ganjar.

Rekomendasi