Ini Sosok Bocah dari Sumut Juarai King Abdul Aziz International Holy Quran Contest 2022

| 04 Oct 2022 06:29
Ini Sosok Bocah dari Sumut Juarai King Abdul Aziz International Holy Quran Contest 2022
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat bertemu Zahran Auzan, Senin (3/10/2022). (Ilham/ERA).

ERA.id - Zahran Auzan, bocah berusia 13 tahun asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), berhasil menjuarai hafalan Al-Quran tingkat dunia di Arab Saudi.

Zahran berhasil menjadi juara kedua dalam ajang. King Abdul Aziz International Holy Quran Contest 2022. Dia berhasil mengamankan posisi kedua untuk kategori hafalan 30 juz.

Prestasi Zahran mendapat perhatian dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dia lalu diundang ke Rumah Dinas (Rumdis) Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Senin (3/10/2022).

Dalam pertemuan itu, Edy menyampaikan apresiasi kepada Zahran Auzan yang sudah berhasil memenangkan kompetisi hafalan Al-Quran tingkat dunia tersebut hingga mengharumkan Indonesia khususnya Provinsi Sumut. Bahkan, mantan Pangkostrad itu juga memberikan hadiah paket umroh.

"Kami semua bangga kepada Auzan, terkhusus saya, Auzan berhasil mengagungkan Alquran. Saya berharap ilmu yang Auzan miliki terus berkembang dan juga akademinya," katanya. 

Edy juga mengingatkan agar Zahran tidak langsung berpuas hati setelah berhasil menjadi salah satu juara diajang King Abdul Aziz International Holy Quran Contest 2022. Mantan Ketua Umum PSSI itu berharap agar Zahran kedepannya bisa menyiarkan Islam.

"Terus berjuang, bukan berarti sudah selesai. Jadikan ilmu yang Auzan dapati berguna kepada makhluk Allah lainnya. Itu tugas kita, sampai kita kembali nanti ke Allah," tandasnya.

Sementara, Zahran mengaku keberhasilan itu selain tekad dan kegigihan, juga merupakan tak luput atas izin Allah SWT. Kedepannya, dia mengaku akan fokus mempelajari tafsir Quran.

"Ini merupakan karunia dari Allah SWT, Auzan sangat bersyukur bisa meraih ini. Selanjutnya Auzan akan mempelajari tafsir Al-Quran," katanya.

Sang ayah, Ismanuddin menyebut bahwa perhatian dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk memberi motivasi dan dorongan lebih dalam meraih prestasi. Dia berharap Edy Rahmayadi juga memberikan perhatian kepada hafiz dan hafizah yang ada di Sumut.

"Kami sebagai orang tua sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur atas perhatian yang diberikan selama ini. Selama beberapa tahun ini kami lebih diperhatikan dan terus dimonitor, sehingga kami memiliki semangat yang luar biasa,” timpalnya.

Sebagi informasi, King Abdul Aziz International Holy Quran Contest  merupakan event tahunan yang diselenggarakan di Arab Saudi. Khususnya di tahun 2022 ini, ajang itu digelar pada 21 September lalu di Masjidil Haram, Mekkah.

Sementara, juara pertama berhasil diraih oleh hafiz dari Maroko, Achmad Achiri dan juara ketiga dari Gambia, Abdoulie Njie.

Rekomendasi