Pemkot Bogor Siapkan Anggaran untuk Bangun Rumah Warga Terdampak Longsor di Gang Barjo

| 18 Oct 2022 12:09
Pemkot Bogor Siapkan Anggaran untuk Bangun Rumah Warga Terdampak Longsor di Gang Barjo
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan mencarikan lahan kosong untuk pembangunan rumah warga yang terdampak longsor di Gang Barjo, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Pemkot Bogor juga akan mengucurkan dana untuk lahan bagi rumah warga yang kondisinya sangat darurat.

"Nanti kita carikan lahan, kita carikan anggaran, kemarin Pak Gubernur telepon siap membantu, kementerian pasti membantu karena akan menjadi beban wali kota berikutnya," kata Bima Arya, Selasa (18/10/2022).

Menurut Bima, saat ini dirinya bertugas menjadi Wali Kota Bogor hanya tinggal 14 Bulan. Makanya kejadian ini akan dibebankan kepada penerusnya yang menanggung penderitaan warga apabila terjadi hujan dan menimbulkan korban jiwa.

"Saya tinggal 14 bulan lagi, tapi wali kota berikutnya akan menanggung ini terus-menerus, setiap hujan pasti ada korban. Jadi gak bisa ini kondisi terus-menerus. Harus ada solusi permanen," jelas Bima.

Bima menerangkan, apabila ada warga yang menolak tentu perlu adanya edukasi kepada warga, karna pembangunan rumah ini tujuannya untuk jangka panjang.

"Jadi 1 minggu data itu ada kita koordinasikan dengan gubernur, kementerian semua, supaya ada lahan baru untuk rumah-rumah di titik-titik yang sangat beresiko," terang dia.

"Gak mungkin semuanya direlokasi, secara serempak biaya yang besar, kita prioritaskan yang betul-betul darurat. Seperti di bawah kosan itu, sudah pasti darurat. Tunggu waktu dengan kontur itu," tandasnya.

Rekomendasi