Berikut Jalan Rusak di Sulsel yang Sudah dan Akan Dibenahi Gubernur Sudirman Sulaiman

| 21 Oct 2022 09:34
Berikut Jalan Rusak di Sulsel yang Sudah dan Akan Dibenahi Gubernur Sudirman Sulaiman
Perbaikan jalan rusak (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan fokus memperbaiki jalan rusak dan terilosir sebagai wujud pemerataan pembangunan yang berkeadilan di Sulsel.

"Alhamdulillah, kita terus berkomitmen melakukan pembangunan pemerataan dan berkeadilan," ungkap Gubernur Sulsel Andi Sudirman, Rabu silam.

Pembenahan yang dilakukan untuk jalan-jalan terisolir, di antaranya Ruas Rante Pao-Sa'dan-Batusitanduk yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu; rintisan ruas Latuppa-Pantilang yang menghubungkan Kabupaten Luwu dengan Kabupaten Toraja Utara terus dilakukan; pembukaan jalur Parigi-Bungoro yang menghubungkan Kabupaten Bone, Barru, dan Pangkep.

Serta ruas terisolir lainnya, yang membuka akses rintisan yang mempersingkat jarak Kabupaten Barru dengan Kabupaten Soppeng melalui pembangunan ruas Takkalasi-Bainange-Lawo.

Menurut Andi Sudirman, dengan memperbaiki infrastruktur jalan, akan memudahkan mobilitas barang dan orang, yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Capaian ini tidak lepas dari dukungan teman-teman di DPRD, Jajaran Forkopimda, dan lainnya untuk kelancaran pembangunan yang dilakukan," tuturnya.

Selain itu, Sulsel juga akan membenahi ruas-ruas jalan Provinsi di sejumlah Kabupaten/Kota yang memiliki lintas harian rata-rata (LHR) tinggi, yakni Ruas Takalalla-Cabbenge di Kabupaten Soppeng; Ruas Pinrang-Rappang yang menghubungkan kabupaten Pinrang dengan Kabupaten Sidrap; Ruas Pekkae-Takkalalla yang menghubungkan Kabupaten Barru dengan Kabupaten Soppeng.

Ruas Soppeng-Pangkajene yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dengan Kabupaten Sidrap; Ruas Ussu-Nuha-Beteleme yang menghubungkan Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan-Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah; Ruas Salaonro-Ulugalung yang menghubungkan Wajo-Soppeng; Preservasi ruas Tanabau-Ngapaloka-Pattumbukang di Kabupaten Selayar; Penanganan Ruas Boro-Jeneponto yang jadi jalur alternatif Takalar-Jeneponto-Bantaeng tanpa harus melewati kota Jeneponto.

Serta ruas jalan LHR tinggi yang menjadi keluhan masyarakat turut dikerjakan oleh Gubernur Sulsel. Di antaranya Preservasi Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa; Penanganan kerusakan Jalan Antang Raya Kota Makassar; ruas jalan Burung Burung-Bili Bili di Pattalassang, Gowa.

Rekomendasi