Pererat Persatuan Jawa dan Sunda, Ridwan Kamil dan Gibran Akan Bertukar Nama Jalan

| 30 Oct 2022 07:38
Pererat Persatuan Jawa dan Sunda, Ridwan Kamil dan Gibran Akan Bertukar Nama Jalan
Gubernur Jabar dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat bertemu di Kota Solo (Pemkot Solo)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sepakat akan membuat jalan dengan nama yang identik dengan Jawa dan Sunda.

Rencananya, salah satu jalan di Solo akan diberi nama Jalan Siliwangi. Sedangkan salah satu jalan di Jawa Barat akan dinamai Jalan Surakarta.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil saat bertemu dengan Gibran di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Sabtu (29/10/2022).

”Kami ada gagasan itu. Di Solo mungkin ada Jalan Siliwangi, kemudian di Jawa Barat saya carikan Jalan Surakarta. Sehingga kekuatan Bhineka Tunggal Ika, Jawa-Sunda  ini bisa menyatu dalam simbolisme yang baik dan memperkuat sila ketiga kita,” kata Ridwan Kamil usai pertemuan.

Pertukaran nama jalan ini untuk menjauhkan mitos Perang Bubat yang selama ini melatarbelakangi keyakinan masyarakat Jawa dan Sunda.

Maka dari itu, ia berharap dengan pertukaran nama jalan ini bisa mempererat hubungan kedua suku tersebut.

”Selama ini selalu ada mitos Perang Bubat yang menyertai alam bawah sadar bangsa ini. Dengan pemimpin milenialnya memberi pesan-pesan persatuan, kurangi pertengkaran, kurangi persepsi-persepsi yang kurang pas, saya kira itu yang dibutuhkan. Membangun Indonesia ke depan, fokus inovasi,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sepakat dengan usulan tersebut. Namun ia masih mencari ruas jalan yang akan diberikan nama Jalan Siliwangi. Sementara saat ini sudah ada ruas jalan yang diberi nama Jalan Pajajaran.  

”Tapi usulan dari Pak Gubernur itu nanti kami realisasikan. Untuk menjaga relasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah,” katanya.

Rekomendasi