Polisi Masih Siapkan Tilang Manual di Jabar

| 31 Oct 2022 12:55
Polisi Masih Siapkan Tilang Manual di Jabar
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Polda Jabar menyebut masih ada tilang manual untuk pengendara tertentu di lapangan, meski pihaknya sudah memprioritaskan sistem tilang elektronik.

"Jadi memang masih ada tilang selektif prioritas, tapi kami mengedepankan edukasi persuasif," ujar Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo, Senin (31/10/2022).

Mereka yang akan ditilang manual adalah pengendara dan kendaraannya yang bisa menimbulkan kecelakaan. Adapun polisi tetap berusaha hadir di lapangan untuk memperlancar lalu lintas.

Di samping itu, kata dia, personel polisi di lapangan itu juga melakukan kegiatan edukasi kepada para pengguna jalan dengan bersifat persuasif. Sehingga, menurutnya masyarakat bisa paham dan tidak melanggar lalin di kemudian hari.

"Nanti akan berujung pada edukasi yang dapat memperlancar arus lalu lintas, ini garis besar yang kita lakukan di Jawa Barat," ucapnya.

Kata Ibrahim lagi, setiap polres di jajaran Polda Jawa Barat boleh melakukan inovasi-inovasi dalam upaya mengedukasi masyarakat soal keselamatan berlalu lintas.

"Kemudian atensi lain agar meniadakan pungli, artinya jangan ada pungli di lapangan," katanya.

Rekomendasi