Anggaran Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Dialihfungsikan

| 07 Nov 2022 11:35
Anggaran Pembangunan Stadion Mattoanging di Makassar Dialihfungsikan
Stadion Mattoanging saat dibongkar (Dok. Nurdin Abdullah)

ERA.id - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan, Andi Arwin Azis menegaskan jika anggaran pembangunan Stadion Mattoanging dialihfungsikan.

Pemprov Sulsel disebutnya sedang berhati-hati, karena masih adanya gugatan hukum terkait ganti rugi pengelolaan. Ia pun mengedepankan kehati-hatian sejak diinformasikan oleh Kabid Humas Dispora, Syamsul Bahri.

Apalagi, lanjutnya, pihak Dispora hanya bagian pelaksana saja. Kebijakan anggaran pun ada di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel.

Jadi, ia pun sepakat jika dana anggaran Stadion Mattoanging tahun ini yakni sebesar Rp62 miliar digunakan untuk keperluan membayar utang Dana Bagi Hasil (DBH) Sulsel ke Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

"Pada prinsipnya unsur pelaksana, kembali ke BKAD, kita tanyakan itu seperti apa kebijakannnya. Kan ada tim anggaran pemerintah daerah, kami hanya pelaksana saja. Kami tidak masuk ke ranah proses perencanaan penganggaran. Kita bukan tugasnya di situ, kami tugasnya hanya membangun," katanya kepada ERA, Senin (7/11/2022).

Mengenai keinginan suporter PSM Makassar yang ingin bertemu dengan dirinya, Andi Arwin Azis menegaskan, ia siap bertemu untuk membahas kejelasan stadion kebanggaan masyarakat Makassar yang hingga saat ini seperti empang.

"Kami menunggu, kami menyesuaikam saja. Kita Dispora apapun menjadi keputusan, kita jalan sesuai keputusan. Mau pertemuan atau bagaimana kita siap untuk bicara. Seperti apa kita mau melakukan langkah-langkah untuk menindaklanjuti hasil," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui Sekda Sulsel Abdul Hayat Gani yang mewakili Gubernur Sulsel dalam rapat paripurna jawaban Gubernur atas pemandangan fraksi DPRD.

Abdul Hayat Gani menyatakan jika telah ada kejelasan hukum untuk Stadion Mattoanging, maka pelaksanaan akan dilakukan sesuai aturan yang berlaku, dengan tetap memperhatikan kemampuan keuangan daerah, serta rentan waktu yang tersisa.

“Pertanyaan dari fraksi Golkar terkait dengan kelanjutan pembangunan Stadion Mattoanging yang juga dipertanyakan oleh fraksi PAN dan fraksi Demokrat, dapat kami jelaskan, bahwa untuk pembangunan Stadion Mattoanging tetap kami lanjutkan," tegasnya.

Rekomendasi