Hendak Cari Pasir, Perempuan 55 Tahun di Bogor Meninggal Akibat Tertimbun Longsor

| 07 Nov 2022 15:11
Hendak Cari Pasir, Perempuan 55 Tahun di Bogor Meninggal Akibat Tertimbun Longsor
Proses evakuasi jasad perempuan di area bekas galian, di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Seorang perempuan berinisial MA, meninggal dunia usai tertimbun longsor saat mencari pasir di lokasi bekas galian di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Perempuan berusia 54 tahun itu dikabarkan meninggal pada Minggu (6/11/22) pukul 11.30 WIB. Kapolsek Cijeruk, Kompol Sumijo mengungkapkan, MA meninggal saat tengah mencari pasie di bawah tebingan tanah.

“Korban sedang mencari pasir bersama suami di lokasi yang dulunya bekas galian. Jadi untuk kebutuhan sehari-hari, dia mencari pasir secara manual, menggunakan cangkul, pengki gitu,” kata Sumijo kepada wartawan, Senin (7/11/22).

Di lokasi kejadian, Sumijo menyebutkan, posisi korban berada tepat di bawah tebingan tanah sedang merapikan hasil galian. Sementara suaminya berjarak sekitar 15 meter dari korban.

“Suaminya sedang mengayak pasir. Mereka kan di pinggir tebingan yang tiba-tiba longsor menimpa korban. Ketinggian tebingan sekitar 3 meter,” kata dia.

Sang suami sempat berusaha menyelamatkan korban longsor di Bogor. Namun, timbunan tanah yang terlalu tinggi, dia kemudian mencari pertolongan kepada warga. Korban pun tak sempat diselamatkan dan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Bukan bencana karena curah tinggi, tapi karena digali sama mereka. Kalau lokasi galian tuh galian lahan di tebing-tebing, tanah garapan,” ungkapnya.

Sementara, Camat Cijeruk Bangun Septa juga membenarkan adanya peristiwa yang dialami oleh MA. Lokasi tersebut memang lahan bekas galian yang sudah sempat dilakukan penyegelan.

“Lokasi longsor di Bogor tersebut merupakan bekas galian yang sudah dilakukan penyegelan oleh pemerintah daerah,” kata Bangun.

Rekomendasi