Viral Warga Nonton Kebakaran Balai Kota Bandung di Atap Gedung, Ridwan Kamil: Membahayakan, Jangan Ditiru!

| 08 Nov 2022 16:00
Viral Warga Nonton Kebakaran Balai Kota Bandung di Atap Gedung, Ridwan Kamil: Membahayakan, Jangan Ditiru!
Tiga orang sedang melihat kebakaran Gedung Bappelitbang Kota Bandung dari atap bangunan (Tangkapan layar)

ERA.id - Insiden kebakaran yang menimpa Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Bandung yang terjadi pada Senin (7/11/2022) kemarin siang sontak menjadi tonton masyarakat maupun pengguna jalan di sekitar area kebakaran.

Padahal, saat terjadi kebakaran sangat mungkin terjadi ledakan atau hal lain yang bisa membahayakan masyarakat yang menontonnya.

Sikap masyarakat itu pun menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ia mengimbau masyarakat sebaiknya menjauh dari lokasi dan tidak menjadikan kebakaran menjadi tontonan karena bisa membahayakan diri sendiri.

"Biasakan kalau ada kebakaran menjauh bukan menjadi tontonan, naik ke atap, direkam, itu membahayakan. Jangan jadi korban dari menonton kebakaran," kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Selasa (8/11/2022).

Menurut mantan Wali Kota Bandung itu, menonton maupun inisiatif Masyarakat untuk membantu petugas memadam api bisa berakibat fatal. Sebab, masyarakat yang ingin membantu bisa cidera karena tidak memiliki kemampuan khusus.

"Pernah kejadian kan ada yang tercedera, mengambil alih selangnya pemadam, terus tidak punya skill, berat, akhirnya kebanting. Terpeleset malah meninggal. Banyak kejadian-kejadian. Serahkan pada ahlinya," tuturnya.

Aksi masyarakat yang menonton terkabarnya Gedung Bappelitbang Kota Bandung juga menjadi sorotan orang nomor satu di Jawa Barat itu.

Dalam unggahan instagram pribadinya @ridwankamil, Ridwan Kamil menyatakan "Hanya di negeri Wakanda, kebakaran jadi tontonan. Seperti bapack-bapack ini yang dengan santuy jongjon nongkrong di atas atap yang membahayakan jiwa mereka sendiri. Mhn jangan ditiru," kata Ridwan Kamil.

Unggahan itu dibanjiri respons dari warganet, satu diantaranya @widya******

"Apalagi tadi di persimpangan merdeka aceh nya pak, C banyak yg nonton padahal banyak lintasan damkar. Diimbau malah ngedadahin," begitu komentar @widya******.

Seperti diketahui, beredar video viral yang berdurasi 30 detik yang diunggah oleh akun twitter @De_Liput. Dalam video tersebut terlihat tiga orang dengan santainya melihat kebakaran Gedung Bappelitbang dari atas atap bangunan.

Saat melihat kebakaran dari atap bangunan, satu diantaranya ketiga terlihat mengisap rokok dengan santainya, dan satu orang lainnya juga mengabadikan momen kebakaran menggunakan gawainya.

Rekomendasi