Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Terminal 3 Bandara Soetta Resmi Beropasi, Ini Tarifnya

| 10 Nov 2022 18:11
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Terminal 3 Bandara Soetta Resmi Beropasi, Ini Tarifnya
SPKLU di area parkir Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang. Keberadaan tempat ini diharapkan memberi efek positif terhadap pengguna kendaraan listrik.

Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, SPKLU yang diperuntukkan untuk umum ini terletak di area parkir Terminal 3 domestik. Menurutnya, tempat tersebut menjadi pertama yang disediakan di bandara.

"Penyediaan fasilitas SPKLU di Bandara Soetta merupakan upaya pihaknya dalam memberikan pelayanan terhadap pengunjung yang memiliki kendaraan listrik," ucapnya, Kamis (10/11/2022).

Awaluddin menyebutkan, sebab saat ini volume atau jumlah kendaraan listrik di Indonesia baik roda empat atau dua terus bertambah. Maka itu, pemerintah pun terus mendorong supaya untuk penambahan fasilitas kendaraan bermotor berbasis tenaga listrik tersebut.

Sementara itu, Direktur Operasional AP II Bandara Soetta, Muhammad Putra Pariadi menambahkan pemanfaatan SPKLU itu diantaranya untuk taksi listrik, bus listrik, sepeda listrik yang digunakan staf bandara, lalu golfcar/boogie car untuk transportasi penumpang di dalam terminal, segway, hingga skytrain.

"Dalam metode pembayaran pada pengisian daya listrik kendaraan itu dapat melalui sistem QR atau cashless dari bank yang telah bekerja sama dengan AP II. Sementara untuk tarifnya mulai pilihan normal atau fast charging sebesar Rp1.630 sampai Rp2.440 (per kWh)," katanya.

"Charging itu dari 40 KWH, dia punya nozel ada tiga, jadi bisa charge dengan kapasitas itu maksimum dalam satu jam untuk tiga kendaraan," jelasnya.

Rekomendasi