Tiga Provinsi DOB Papua Diresmikan, Pemerintah Bakal Terbitkan Perppu Pemilu

| 11 Nov 2022 13:13
Tiga Provinsi DOB Papua Diresmikan, Pemerintah Bakal Terbitkan Perppu Pemilu
Mendagri Tito Karnavian (Antara)

ERA.id - Pemerintah akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) setelah meresmikan tiga provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

Perppu tersebut untuk mengakomodasi penyelenggaran pemilihan umum (Pemilu) di tiga provinsi baru tersebut.

"Implikasinya nanti akan luas, nanti akan lahir Perppu untuk mengakomodir adanya provinsi-provinsi baru ini," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat acara peresmian provinsi dan pelantikan penjabat (Pj) gubernur DOB Papua di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Menurutnya, dengan adanya Perppu tersebut, akan berdampak pada penambahan jumlah anggota DPR RI dan senator DPD RI dari Papua, yang akan dipilih pada pemilu mendatang.

"Saya lihat akan ada peningkatan luar biasa. Karena satu provinsi undang-undang mengatakan, empat perwakilan DPD, berarti kalau empat kali lima ada 20 orang anggota DPD. Termasuk DPR RI akan ada penambahan juga, pasti," papar Tito.

Bertambahnya wakil rakyat dari bumi Cendrawasih, Tito pun yakin, suara masyarakat Papua akan lebih didengarkan. "Tentunya kita harapkan aspirasi masyarakat dalam mekanisme kontitusi di Senayan," kata mantan kapolri itu.

Sebelumnya, pemerintah meresmikan tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) papua yaitu Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan.

Peresmian digelar di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

"Dengan rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini Jumat, 11 November 2022, saya Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," kata Tito.

Mantan kapolri itu menambahkan, peresmian dilakukan di hari yang baik dan tanggal yang cantik. Karena tak sengaja digelar pada 11 Novemeber 2022.

"Ini tanggalnya bagus 11 November saya tidak sangka, karena kemarin siapkan G20, ternyata harinya hari baik tanggal 11 bulan 11 2022. Akhirnya kita punya provinsi baru," ucapnya.

Rekomendasi