Dua Warga Kabupaten Bogor Terdeteksi Varian Covid XBB

| 13 Nov 2022 20:01
Dua Warga Kabupaten Bogor Terdeteksi Varian Covid XBB
ILUSTRASI. Seorang anak menjalani tes PCR. (Antara)

ERA.id - Ditemukan dua warga Kabupaten Bogor yang terdeteksi varian baru Covid-19, yakni XBB. Saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat pun tengah melakukan tracing kepada warga tersebut.

"Sudah dilakukan tracing, kita masih menunggu hasilnya. Kalau untuk positif PCR, itu hasilnya cepat, tetapi jika ingin tau jenis variannya harus tes melalui WGS," ujar Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Adang Mulyana kepada wartawan, Minggu (13/11/22).

Adang menjelaskan, varian baru berjenis XBB tidak beda jauh dengan varian Covid-19 sebelumnya. Hanya saja, kata dia, penyebabnya relatif lebih tinggi.

"Sebenarnya kalau gejala dan penyebaran hampir sama dengan covid varian sebelumnya, ada satu lagi mungkin kemampuan menyebarnya relatif lebih cukup tinggi seperti omicron," jelasnya.

Adang mengatakan, dari kedua warga tersebut, satu di antaranya berprofesi sebagai tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Sedangkan yang satunya bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Bogor.

Keduanya, kata dia, terdeteksi varian baru Covid-19 jenis XBB berdasarkan informasi yang diterbitkan Dinkes Provinsi Jawa Barat.

"Setelah mendapat rilis dari Provinsi Jawa Barat, kami melacak dan benar warga kabupaten Bogor, satu orang warga kecamatan Ciawi dan satu lagi kecamatan Gunungputri," tandas Adang.

Rekomendasi