Mudah Dirusak Banjir, Beberapa Jalan di Antang Makassar Bakal Dibeton

| 23 Nov 2022 08:43
Mudah Dirusak Banjir, Beberapa Jalan di Antang Makassar Bakal Dibeton
Ilustrasi banjir di Makassar (Antara)

ERA.id - Jalanan di Kecamatan Manggala, tepatnya di wilayah Antang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan dibeton. Tak cuma itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sendiri melalui Dinas Pekerjaan Umum menganggarkan Rp300 miliar untuk perbaikan jalan di seluruh kota pada 2023.

Kepala Dinas PU Makassar Zuhaelsi Zubir di Makassar, Selasa (22/11/2022) kemarin, mengatakan anggaran perbaikan jalan untuk tahun depan meningkat signifikan dibanding tahun ini, yang hanya menganggarkan Rp200 miliar.

"Jadi ada kenaikan Rp100 miliar dari tahun ini. Penganggaran sebesar ini sudah sesuai dengan usulan Musrenbang, pengaduan masyarakat dan sebagainya agar alokasi anggaran perbaikan jalan bisa lebih ditingkatkan tahun depan," ujarnya.

Ia menjelaskan, banyaknya usulan anggaran yang masuk karena banyak lokasi yang menjadi sasaran intervensi. Dinas PU Makassar juga mengakui tahun depan akan fokus betonisasi jalan agar lebih kuat dan tahan lama.

Menurut dia, jika hanya dilakukan perbaikan dengan aspal dan paving blok, maka jalan akan lebih mudah terkelupas saat terendam genangan air atau banjir.

"Sehingga kita butuh intervensi betonisasi agar jalan juga lebih tinggi. Apalagi jika menjadi langganan genangan air, tentu akan lebih baik dengan betonisasi," jelasnya.

Sementara untuk sisa tahun ini, pihaknya terus fokus melakukan perbaikan jalan dan sudah dirampungkan di sejumlah lokasi diantaranya di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kelurahan Tanjung Merdeka. "Jadi beberapa lokasi yang selama ini sering terendam maka prioritas kita lakukan betonisasi seperti di wilayah Antang," jelas dia.

Rekomendasi