Polres Bogor Diperketat Pasca Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung

| 07 Dec 2022 15:23
Polres Bogor Diperketat Pasca Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung
Sejumlah Masyarakat Diperiksa Saat Hendak Masuk ke Kantor Polresta Bogor Kota (Diman Sutini/ERA.id)

ERA.id - Kantor kepolisian di Bogor diperketat pasca ledakan bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu pagi (7/12/22). 

Sejumlah masyarakat yang masuk ke kantor polisi pun diperiksa oleh penjaga bersenjata lengkap untuk menghindari adanya ledakan susulan. Seperti di Polresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

Wakapolresta Bogor Kota, Wakapolresta Bogor, AKBP Ferdy Irawan mengatakan dengan adanya kejadian yang di Polsek Astana Anyar, tentunya penjaggaan dan pengaman di Polsek-polsek akan diperketat penjagaannya. 

"Kami sudah memberikan instruksi, tentunya ini sesuai juga dengan arahan pak kapolda, agar menjaga keamanan di setiap Mapolres dan Mapolsek dilakukan pengetatan, walaupun selama ini sudah kita lakukan sesuai SOP," katanya kepada wartawan saat ditemui di Makopolresta Bogor Kota, Rabu (07/12/2022).

Kemudian, lanjut Ferdy, termasuk juga adanya barrier sistem atau sistem berlapis, (untuk) pengamanan, anggota yang bertugas.

"Tentunya kami sudah ingatkan seluruh jajaran agar meningkatkan kewaspadaan dalam bertugas, tetapi tidak perlu panik, sehingga kita pastikan bahwa semua dalam keadaan aman dan kami juga himbau kepada masyarakat manakala ada informasi tentang ada hal-hal seperti itu, mungkin bisa diinformasikan pada pihak kepolisian sehingga kita bisa laksanakan pengecekan maupun penyelidikan," ucapnya. 

Hal yang lain juga diutarakan Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin. Pihakbmeningkatkan keamanan seluruh markas polisi di Kabupaten Bogor mulai dari tingkat polsek hingga polres pasca ledakan bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/22).

Menurutnya, keamanan itu dilakukan salah satunya dikarenakan Polres Bogor masih berada di satu wilayah yang sama dengan Polsek Astanaanyar, yakni di Jawa Barat.

"Tentunya dengan kejadian ini kami lakukan peningkatan keamanan. Baik di Polsek maupun Mako Polres Bogor," kata Iman.

Selain itu, Iman menegaskan jika pihaknya juga akan bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor sebagai upaya antisipasi tindakan teroris.

Mulai dari tokoh agama hingga masyarakat umum, mereka diminta untuk andil dalam pengawasan lingkungan di Kabupaten Bogor.

"Kami bersama dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bogor akan mengantisipasi dengan melakukan deteksi dan upaya lainnya. Supaya tidak terjadi di tempat kita," jelas Iman.

Sekedar diketahui, sebuah ledakan terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 7 Desember 2022 sekitar pukul 08.30 WIB.

Sejauh ini, diinformasikan bahwa satu orang terduga pelaku bom bunuh diri meninggal dunia.

Rekomendasi