Polisi Sebut Bom Panci yang Meledak di Polsek Astana Anyar Bandung Berisi Paku

| 08 Dec 2022 19:00
Polisi Sebut Bom Panci yang Meledak di Polsek Astana Anyar Bandung Berisi Paku
Konferensi Pers terkait perkembangan kasus bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Pelaku bom bunuh diri, Agus Sujatno alias Agus Muslim diketahui membawa dua bom saat meledakkan diri Polsek Astana Anyar pukul 8.20 WIB, Rabu kemarin (7/12/2022)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menerangkan, pelaku membawa dua bom yang berbentuk ransel diletakan di dada dan di punggung.

Akan tetapi, dari insiden tersebut bom yang berhasil meledak yang berada di punggung pelaku.

"Sedangkan, bom yang berada di dada pelaku terpental. Jadi dua (bom) yang diawa," terangnya di Polrestabes Bandung, Kamis (8/12/2022).

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Jawa Barat, Kombes Pol, Yuri Karsono menambahkan, pelaku menggunakan bom rakitan atau yang lebih dikenal dengan bom panci yang diletakan di dua tempat pada bagian tubuhnya.

"Bom dibawa pelaku dalam dua tempat, dimasukan ke dalam ransel disimpan depan belakang. Yang meledak komponen bom di belakang. Tidak terbagi ke depan sehingga tidak bersamaan tetapi terpental," tambah Yuri.

Di sekitar lokasi kejadian, polisi menemukan beberapa isi dari bom panci yang diledakan bekas terpidana tetorisme itu di antaranya, paku, baterai, dan lainnya.

"Ada paku, baterai, kita dapati residu TATP. Daya ledaknya lagi mengkaji itu," lanjut.

Sejauh ini, Brimob Polda Jawa Barat masih bekerja untuk memastikan hal-hal lainnya dari bom yang diledakan oleh Agus Sujatno. Apabila, ada temuan lainnya, pihaknya akan menyampaikan setelah ada laporan lanjutan dari Tim Penjinak Bom (Jibom).

"Masih mendalami, nanti akan kita sampaikan setelah lengkap. Jajaran Korps Brimob Polri terkait kejadian bom, kami mengelola TKP," tukasnya.

Rekomendasi