Prosesi Siraman, Gibran Pastikan Hanya Keluarga Inti yang Ikut

| 08 Dec 2022 20:34
Prosesi Siraman, Gibran Pastikan Hanya Keluarga Inti yang Ikut
Keluarga Presiden Jokowi menggelar pengajian jelang pernikahan Kaesang dan Erina (Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

ERA.id - Juru Bicara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka memastikan jika dalam acara siraman, hanya akan ada keluarga inti. Rencananya Siraman akan dilaksanakan pada Jumat (9/12/2022) pagi.

Hal ini disampaikan Gibran yang juga merupakan Wali Kota Solo saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (8/12/2022). ”Tradisi siraman, seperti biasa,” kata Gibran. 

Terkait persiapan pernikahan Kaesang, Gibran menyampaikan semua sudah siap. Mulai dari acara pengajian yang dihadiri oleh keluarga besar hingga prosesi siraman dan midodareni.

Siraman dilakukan oleh keluarga, termasuk saudara Presiden Jokowi maupun saudara Ibu Negara Iriana Jokowi. ”yang nyirami sudah pernah mantu. Pakde, bude yang sudah mantu,” katanya.

Gibran mengatakan mengambil air dari tujuh tempat untuk tradisi siraman. Sumber air tersebut dari  air kediaman Presiden Jokowi, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan Pura Mangkunegaran dan beberapa sumber air lain.

"Dari rumah eyang, rumah sendiri, Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Keraton Solo, Pura Mangkunegaran, dan Pengging," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada tamu undangan pada proses itu. Tradisi hanya diikuti oleh keluarga Presiden Jokowi.

Terpisah, Kepala Tata Usaha Masjid Agung Solo Muh. Alif mengatakan, belum ada kabar mengenai keluarga Presiden Jokowi mengambil air dari Masjid Agung Solo. Kemungkinan sudah ada utusan yang mengambil air di Masjid Agung Solo.

”Biasanya hanya izin lisan lalu kami tunjukkan ambil airnya di mana.  Petugas enggak menanyakan  untuk siapa hanya,” paparnya.

Menurut Alif, banyak warga atau jemaah datang untuk mengambil air untuk berubat atau kebutuhan tradisi siraman. Biasanya mengambil air dengan botol mineral ukuran sedang atau 600 mililiter atau 1,5 liter.

“Kami tidak menentukan kapan ambil airnya. Biasanya jemaah mengambil satu pekan sampai H-2. Terserah datang ke Masjid Agung Solo kapan. Mangga ambil air sendiri,” katanya.

Rekomendasi