Terungkap, Wartawan yang Dilantik Jadi Kapolsek Kradenan Blora Pernah Jabat Kanit Intel

| 14 Dec 2022 14:09
Terungkap, Wartawan yang Dilantik Jadi Kapolsek Kradenan Blora Pernah Jabat Kanit Intel
Iptu Umbaran Wibowo, Kapolsek Kradenan, yang selama ini dikenal sebagai wartawan (Ist.)

ERA.id - Warga dan wartawan di Blora dikejutkan oleh pelantikan Iptu Umbaran Wibowo sebagai Kapolsek Kradenan. Pasalnya, selama ini, Umbaran dikenal sebagai wartawan.

Sejumlah kabar simpang siur kemudian beredar atas pelantikan Iptu Umbaran itu, seperti pencopotan dirinya. Atas kesimpangsiuran itu, Kepala Bidang Humas Polda Jateng AKBP Iqbal Al Qudussy menjelaskan riwayat lengkap Iptu Umbaran.

“Memang betul yang bersangkutan anggota Polri. Benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati. Tapi dia bukan pegawai tetap TVRI,” kata Iqbal saat dihubungi Era.id, Rabu (14/12/2022).

Menurut Iqbal, Umbaran pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora. “Januari tahun 2021 penugasan tersebut selesai dan dia pindah menjadi (anggota) organik Polres Blora sebagai Kanit Intel di Polres Blora,” tuturnya.

Umbaran selanjutnya diangkat sebagai Wakapolsek Blora. Puncaknya, pada 12 Desember, Umbaran dilantik menjadi Kapolsek di Kradenan. Ia menggantikan AKP Lilik Eko Sukaryono.

Pelantikan inilah yang akhirnya menyingkap identitas Umbaran sesungguhnya sebagai anggota Polri,  alih-alih sebagai jurnalis. Iqbal juga menampik kabar yang menyebut Iptu Umbaran dicopot dari jabatannya.

“Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan  dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas di jabatan barunya Kapolsek Kradenan,” tandasnya.

Rekomendasi