Profil Iptu Umbaran Wibowo, Intel Polisi yang 14 Tahun Menyamar Jadi Jurnalis TVRI

| 15 Dec 2022 12:02
Profil Iptu Umbaran Wibowo, Intel Polisi yang 14 Tahun Menyamar Jadi Jurnalis TVRI
Iptu Umbaran Wibowo (Twitter)

ERA.id - Pelantikan Umbaran Wibowo sebagai Kapolsek Kradenan di Blora, Jawa Tengah menjadi viral di media sosial baru-baru ini. Bagaimana tidak, Umbaran sudah 14 tahun dikenal sebagai jurnalis TVRI dan tiba-tiba dilantik menjadi pejabat kepolisian. Penasaran? Mari cari tahu sosok Iptu Umbaran Wibowo melalui artikel ini.

Dewan Pers sebagai lembaga yang menaungi insan media mengaku akan segera memproses pencabutan izin jurnalistik Umbaran yang diperolehnya setelah lolos uji kompetensi yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 2018 lalu.

“Mekanismenya sudah ada, Dewan Pers tinggal memverifikasi informasinya,” kata anggota Dewan Pers Arif Zulkifli.

Arif berpesan agar perusahaan media lebih berhati-hati dalam merekrut jurnalis. “Independensi media harus dijaga dengan memastikan jurnalisnya tidak terikat dengan institusi lain,” ujarnya.

Mengenal Sosok Iptu Umbaran Wibowo Beserta Fakta-Fakta Menarik

  1. Memulai Karir Sejak Polisi 2008

Iptu Umbaran Wibowo adalah pria berusia 38 tahun yang memulai karir di kepolisian dengan pangkat 2 brigadir polisi (bripda) pada awal tahun 2008. Ia lulusan bintara intelijen khusus.

Iptu Umbaran Wibowo memulai karir sejak 2018 (Twitter)

Kemudian Iptu Umbaran naik pangkat menjadi brigadir polisi (briptu) I pada tahun 2009 dan menduduki pangkat brigadir polisi pada tahun 2013.

Iptu Umbaran kemudian naik pangkat menjadi brigadir polisi pada 2017 dan kemudian mengikuti Pendidikan Pembinaan Peminatan Perwira Intelijen Dasar Pertama pada 2018.

Setelah mengikuti pendidikan perwira pertama, masih di tahun 2018, Iptu Umbaran menyandang pangkat inspektur kedua (ipda). Dia kemudian ditempatkan di Direktorat Intelijen Polda Jawa Tengah.

  1. Jabatan Iptu Umbaran

Menariknya, terdapat beberapa Jabatan Iptu Umbaran setelah dirinya dilantik menjadi Perwira:

●        Pama Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Jawa Tengah pada Januari 2018

●        Pama Polres Blora pada Januari 2021

●        Kasat VI Sat Intelkam Polres Blora pada Februari 2021

●        Kepala Satuan Intel Sat Intelkam Polres Blora pada Juni 2021

●        Wakapolsek Blora pada Juni 2022

●        Kapolsek Kradenan Desember 2022

  1. Bukan Wartawan Tetap TVRI

Menurut keterangan tertulis Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudussy, Iptu Umbaran disebut bukan pegawai tetap TVRI selama penyamaran.

Iptu Umbaran Wibowo saat melakukan penyamaran (Twitter)

“Dia bukan pegawai biasa TVRI. Ia pernah ditugaskan untuk menjalankan tugas intelijen di wilayah Blora. Pada Januari 2021 penugasan selesai, dan dia pindah menjadi anggota organik Polres Blora sebagai Kabid Intel Polres Blora. Kemudian diangkat menjadi Wakapolres Blora,” kata Iqbal.

  1. Tidak Menjadi Intel Sejak 2021

Juru bicara Polda Jateng Kompol Iqbal Alqudusy sebelumnya membenarkan Umbaran pernah bekerja di TVRI Jateng. Namun, dia menegaskan Umbaran, inspektur pertama polisi, adalah pekerja lepas atau kontributor berita di Pati.

Sembari bekerja sebagai jurnalis, Iqbal mengatakan Umbaran bertugas sebagai intel di Blora. Namun, tugasnya berakhir pada Januari 2021.

  1. TVRI Tidak Merasa Tertipu

Terkait dengan Iptu Umbaran, Ketua TVRI Jateng Sifak mengaku tidak merasa tertipu. Sifak secara tegas membantah bahwa lembaga penyiaran yang dipimpinnya adalah korban intelijen yang menembus industri media.

"Kami tidak merasa ada tanaman, karena kami memiliki kesamaan karakter [pandangan]. Dia mengabdi pada negara, kami juga," kata Sifak, Rabu, 14 Desember 2018. “TVRI agak 'memfasilitasi' kegiatan kenegaraan. ”

TVRI Jawa Tengah pertama kali mengetahui status Umbaran sebagai polisi sekitar sebulan lalu saat perusahaan penyiaran mengadakan pelatihan bagi para kontributor berita yang ditempatkan di Kota Salatiga.

Selain sosok Iptu Umbaran Wibowo, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi