Diprediksi Ada Peningkatan Kendaraan Saat Nataru, Tol Tangerang-Merak Tambah Gardu hingga Mobile Reader

| 15 Dec 2022 13:25
Diprediksi Ada Peningkatan Kendaraan Saat Nataru, Tol Tangerang-Merak Tambah Gardu hingga Mobile Reader
Tol Tangerang-Merak. (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id -  Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak memprediksi trafik kendaraan yang melintasi di ruas tol tersebut naik sekitar 164.274 kendaraan atau naik 3,81 persen pada periode Natal dan Tahun Baru 2023.

"Diprediksi akan naik 164.274 kendaraan yang akan melintasi ruas jalan tol Tangerang-Merak, atau naik tipis 3,81 persen dari tahun sebelumnya," ujar Presiden Direktur Asta Tol Tangerang-Merak, Kris Ade Sudoyono, Kamis (15/12/2022). 

Menurut Kris, pihaknya telah melakukan optimalisasi layanan transaksi, seperti penambahan gardu tandem. Penembahan mobile reader juga terus dilakukan guna mengantisipasi lonjakan nanti.

"Kami juga menambahkan petugas di gerbang tol Merak dan gerbang-gerbang jalur wisata seperti gerbang Tol Serang Timur, Serang Barat, dan Cilegon Timur," katanya.

Selain pada layanan transaksi, pihaknya juga akan melakukan pemeliharaan dan  konstruksi di Tol Tangerang-Merak untuk mengoptimalkan semua lajur baik arah Merak maupun Jakarta. 

"Sedangkan pada layanan lalu lintas, juga terdapat satuan tugas (Satgas) khusus seperti petugas sentra informasi dan komunikasi, patroli, derek, medis, rescue patroli jalan raya (PJR), pemeliharaan jalan tol, hingga keamanan yang siap membantu pengguna jalan selama periode Natal dan Tahun Baru," jelasnya.

Kris menuturkan, pengguna jalan dapat memantau kondisi lalu lintas di beberapa lokasi utama dan gerbang tol melalui link CCTV yang diberikan dan disebar secara meluas melalui layanan mudik Kementerian PUPR. Pengguna jalan juga bisa mengakses melalui website margamandala.co.id.

Sementara itu, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Astra Tol Tangerang-Merak, Samsul Chair, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa fasilitas, seperti gardu tol tambahan, mobile reader, dan petugas yang standby di setiap gerbang tol.

"Maka dari itu, akan dilakukan optimalisasi layanan transaksi melalui penambahan gardu tandem, mobile reader, dan penambahan petugas di gerbang Tol Merak dan gerbang-gerbang jalur wisata, seperti gerbang Tol Serang Timur, Serang Barat, dan Cilegon Timur," katanya.

Sedangkan, lanjut Samsul pada layanan lalu lintas, juga terdapat satuan tugas (satgas) khusus, seperti petugas Sentra Informasi dan Komunikasi, Patroll, Derek, Medis, Rescue Patroli Jalan Raya (PIR), pemeliharaan jalan tol, hingga keamanan yang siap membantu pengguna jalan selama periode Nataru.

Samsul juga memprediksi puncak arus libur Nataru akan terjadi pada H-3 atau pada 22 Desember 2022, di Tol Tangerang-Merak diprediksi akan ramai di jalur ke Merak lantaran banyak yang akan menyeberang ke Sumatera.

"Penyumbang keramaian arus lalu lintas ada pada orang-orang yang hanya notabene pulang ke Sumatera atau balik lagi, penyumbang paling banyak orang-orang dari Jakarta mau liburan ke Banten," tukasnya.

Rekomendasi