Puncak Arus Mudik Libur Nataru di Banten Diprediksi 23-24 Desember, Ini Titik Macetnya

| 16 Dec 2022 15:07
Puncak Arus Mudik Libur Nataru di Banten Diprediksi 23-24 Desember, Ini Titik Macetnya
Tol Tangerang-Merak. (Dok/Muhammad Iqbal)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Banten memprediksi puncak arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, terjadi pada 23 sampai 24 Desember 2022 mendatang. Rapat koordinasi dengan stakeholder perhubungan terkait mulai dari Polda Banten, PT ASDP Indonesia Cabang Merak, hingga PT Astra Toll Infra Road sudah dilaksanakan.

"Hasil rakor kemarin memprediksi puncak arus mudik libur Nataru tanggal 23-24 Desember. Kami bersama stakeholder terkait sudah melakukan pemetaan terhadap titik-titik jalan yang diprediksi dapat mengalami kemacetan, terutama di jalur arteri mengingat banyak pasar-pasar yang ada di pinggir jalan raya, karena kalau yang di tol itu kan bukan kewenangan kami," ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Banten, Tri Nurtopo, Jum'at (16/12/2022).

Tri mengatakan, potensi kemacetan pada arus libur Nataru dapat terjadi akibat aktivitas masyarakat di pasar-pasar tumpah atau aktivitas pasar yang meluas ke bahu dan badan jalan. Terkait hal itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak OPD bidang perhubungan kabupaten/kota.

"Kami sudah siapkan sejumlah personel dan antisipasi pengamanan di titik-titik tersebut. Prinsipnya Dishub kabupaten/kota siap mengamankan jalur Nataru di wilayahnya," katanya.

Selain itu, kata Tri, potensi kemacetan juga diprediksi dan diantisipasi terjadi di pintu utama tol Merak yakni di kawasan Cikuasa Atas, Kota Cilegon, yang merupakan pintu keluar utama kendaraan dari tol Tengerang-Merak yang akan mengarah ke Pelabuhan Merak.

Untuk antisipasi di kawasan Pelabuhan Merak yang biasanya disebabkan oleh penumpukan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung, hasil rakor tersebut, kata Tri, pihak ASDP akan melakukan penjualan tiket penyeberangan Pelabuhan Merak yang menggunakan metode offline di sejumlah rest area Tol Tangerang-Merak.

"Penjualan tiket langsung di rest area Km 43 (Balaraja, Kabupaten Tangerang) dan Km 68 (Bogeg, Kota Serang) itu ASDP akan membuka loket penjualan tiket penyeberangan Pelabuhan Merak," papar dia.

Tri menambahkan, rakor juga membahas terkait pengamanan jalur pada arus Nataru kali ini yang menjadi jalur wisata seperti jalur-jalur di kawasan wisata Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Labuan, Carita hingga Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang.

Sejumlah jalur wisata lainnya di Banten seperti di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak juga diakui Tri termasuk ke dalam poin pembahasan pada rakor tersebut. "Di jalur-jalur wisata kami bekerja sama dengan Dishub kabupaten/kota dan kepolisian setempat juga melakukan pengaman di titik-titik tertentu," jelasnya.

Rekomendasi