Gubernur Sulsel Guyur Warga Bone Pakai Bantuan Subsidi BBM Nyaris Rp1 Miliar

| 19 Dec 2022 15:12
Gubernur Sulsel Guyur Warga Bone Pakai Bantuan Subsidi BBM Nyaris Rp1 Miliar
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengguyur bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp634,2 juta di Kabupaten Bone, dalam bentuk subsidi BBM.

"Alhamdulillah, kita menyerahkan bantuan langsung tunai untuk subsidi BBM kepada masyarakat Bone, sebesar Rp634,2 juta," kata Andi Sudirman, Senin (19/12/2022).

Penyerahan BLT Subsidi diberikan kepada Bupati Bone A. Fashar M. Padjalangi pada jalan santai Sulsel Anti Mager di Lapangan Merdeka Watampone, Minggu (18/12). Bantuan ini disiapkan untuk 2.114 orang penerima manfaat di Kabupaten Bone.

Andi Sudirman berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk keluarga penerima manfaat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp15 miliar, khusus untuk mengatasi dampak inflasi.

Anggaran tersebut merujuk pada aturan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Salah satunya dialokasikan untuk subsidi transportasi umum Rp2,5 miliar. Subsidi transportasi ini telah disalurkan ke berbagai kabupaten, kemudian disalurkan kepada penerima manfaat.

Sosialisasi subsidi itu sudah dilakukan dengan mengundang beberapa perusahaan angkutan BUMN maupun Non-BUMN dalam penerapan subsidi angkutan dalam rangka menangani masalah inflasi ini.

Bantuan keuangan yang dimaksud ini ialah subsidi antara tarif lama dan baru. Masing-masing bagi angkutan BUMN mencapai Rp1 miliar dan non-BUMN Rp1,5 miliar. Dananya diambil dari APBD.

Rekomendasi