Cuaca Ekstrem Diprediksi Akan Melanda Sulsel Besok, BMKG: Potensi Bencana Alam

| 22 Dec 2022 10:18
Cuaca Ekstrem Diprediksi Akan Melanda Sulsel Besok, BMKG: Potensi Bencana Alam
Ilustrasi banjir di Makassar (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan melanda Sulawesi Selatan.

Peringatan itu diprediksi akan terjadi pada hari Jumat hingga Minggu (23-25/12/2022). Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah kepada ERA mengatakan jika daerah Sulsel akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat.

Peringatan dini dikeluarkan setelah pihaknya melakukan monitoring perkembangan dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan adanya potensi peningkatan curah hujan.

"Beberapa daerah di Sulsel berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yakni Kabupaten Pinrang, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, Selayar, Kota Parepare dan Makassar," ucap Hanafi Hamzah kepada ERA melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (22/12/2022).

Hanafi juga menambahkan, pihaknya memperkirakan akan terjadi perlambatan arus angin (konfluens) di Selat Makassar bagian selatan. Di mana menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

Hanafi pun menegaskan bahwa bisa saja ada kemungkinan potensi banjir rob di pesisir barat Sulawesi Selatan karena bertepatan dengan fase pasang maksimum.

Banjir rob sendiri, lanjut Hanafi, adalah banjir pasang yang merupakan banjir sementara di daerah dataran rendah di dekat pantai.

"Daerah yang berisiko bisa saja mengalami banjir ini beberapa kali dalam setahun. Meski begitu, banjir ini juga dapat menyebabkan dampak signifikan pada daerah pesisir rendah dengan sangat cepat," jelasnya.

Maka dari itu, ia pun menghimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan.

BMKG Wilayah IV Makassar meminta masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

Rekomendasi