Kapolda Sulsel Takut kalau Rakyat Sudah Tidak Patuh dan Melawan Polisi

| 22 Dec 2022 10:37
Kapolda Sulsel Takut kalau Rakyat Sudah Tidak Patuh dan Melawan Polisi
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. (Antara)

ERA.id - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana mengingatkan seluruh polisi agar memberikan pelayanan maksimal dan tidak menyakiti hati rakyat.

"Untuk semua anggota dan siswa baru yang telah menyelesaikan pendidikannya ini, agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan tidak menyakiti hati rakyat," ujarnya di SPN Batua Makassar, Rabu (21/12/2022).

Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan dari 498 siswa sekolah bintara yang dinyatakan berhak menyandang pangkat brigadir polisi dua. Sebanyak 296 orang diantaranya berasal dari pengiriman Sulawesi Selatan, sisanya 202 dari Sulawesi Barat.

Pada kesempatan itu, kapolda menuntut agar setiap anggota bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya. Jika mereka tidak mampu menahan ujian di tengah masyarakat, hanya punya dua pilihan.

Ia mengatakan, dua pilihan para anggota polisi yang baru dikukuhkan ini yakni lanjut atau berhenti di tengah jalan karena segala sesuatunya punya pilihan.

"Pilihannya hanya lanjut atau berhenti. Tidak ada yang membuat mereka dimanjakan dan diberikan perhatian yang lebih. Pada prinsipnya, jika akibat karena kelalaian apalagi dengan kesengajaan, maka itu akan menjadi tanggung jawab masing-masing," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulsel juga mewanti-wanti para bintara baru agar menghindari kasus yang berkaitan dengan masalah moral, gaya hidup yang hedonis dan etika perilaku yang menyakiti hati rakyat.

Arahan yang disampaikannya dalam rangka mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan publik. Polri harus terus berbenah, SDM-nya harus berkualitas, kinerja harus sesuai harapan rakyat.

"Jika tidak, public trust akan menurun, tergerus, rakyat tidak percaya lagi pada polisinya, terjadi fenomena civil obedience, rakyat tidak patuh dan melawan kepada polisi," ucapnya.

Rekomendasi