Konflik di Internal Keraton Kasunanan Surakarta Muncul, Putra Mahkota Angkat Bicara

| 24 Dec 2022 20:11
Konflik di Internal Keraton Kasunanan Surakarta Muncul, Putra Mahkota Angkat Bicara
Putra Mahkota Paku Buwana XIII, Purbaya.

ERA.id - Konflik di dalam internal di Keraton Kasunanan Surakarta kembali mencuat. Permasalahan ini juga menghambat revitalisasi aset benda cagar budaya (BCB) di Keraton Kasunanan Surakarta.

Hal ini disampaikan oleh Putra Mahkota Paku Buwana XIII, Purbaya, Sabtu (23/12/2022) malam. Dia meminta agar masyarakat bisa memberi dukungan dan doa agar permasalahan yang terjadi di internal keraton segera selesai.

”Secara pribadi, kami meminta dukungan dan doa pada masyarakat atas apa yang terjadi di keraton,” kata Purbaya.

Ia berharap mendapat solusi yang terbaik untuk semuanya. Sehingga Kota Solo bisa menjadi aman dan tentram, kemudian Keraton Kasunanan Surakarta bisa menjadi pusat pariwisata dan pusat kebudayaan yang menarik banyak pengunjung.

”Saya melihat Pura Mangkunegaran sudah dipugar. Saya berharap Keraton Surakarta juga dipugar,” ucapnya.

Ia mengatakan masalah Keraton Kasunanan Surakarta merupakan masalah keluarga. Sehingga harus diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah. Ia mengakui sudah menyampaikan masalah ini pada Raja Keraton Kasunanan Surakarta PB XIII.

”Apapun yang terjadi semua masalah keluarga. Permassalahan ini harus segera selesai dengan kekeluargaan dan musyawarah. Saya menghormati beliau (Gusti Moeng) sebagai orang yang dituakan,” ujarnya.

Ia berharap persoalan ini segera mendapat solusi dan ada jalan keluarnya. Sebab Keraton Kasunanan Surakarta merupakan bagian dari wisata di Kota Solo.

”Saya pribadi juga sudah bilang pada ingkang Sinuwun (PB XIII) soal (masalah) internal dan tawaran Pemkot Solo dan Polresta Solo,” katanya.

Tags :
Rekomendasi