Pabrik Konveksi Gamis Wanita di Sepatan Tangerang Terbakar, Apinya Merembet ke Rumah Warga

| 28 Dec 2022 15:14
Pabrik Konveksi Gamis Wanita di Sepatan Tangerang Terbakar, Apinya Merembet ke Rumah Warga
Kondisi kebakaran sebuah pabrik konveksi gamis wanita di Kampung Gempol Sari, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten. (BPBD Kabupaten Tangerang)

ERA.id - Kebakaran melanda sebuah pabrik konveksi gamis wanita di Kampung Gempol Sari, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (28/12/2022) dini hari. Dalam insiden itu, api sempat merembet ke rumah warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir menyebutkan, awalnya para pekerja konveksi keluar pabrik untuk beristirahat pada pukul 02.00 WIB. Saat kembali ke pabrik, mereka melihat kondisi pabrik telah terbakar.

"Kami menerima laporan kebakaran dari warga sekitar pukul 03.00 WIB. Keterangan dari warga sekitar sempat terdengar bunyi ledakan sebelum kebakaran terjadi," ucap Munir dalam keterangannya, Rabu (28/12/2022).

Akan tetapi, Munir belum bisa memastikan dari mana sumber bunyi itu berasal. Pasalnya, terdapat sejumlah unit mesin yang ada di dalam pabrik.

Munir mengatakan, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan delapan personel dikerahkan ke lokasi. Api baru dapat dipadamkan pihaknya dalam kurun waktu dalam 2 jam 45 menit.

Selain itu, kebakaran juga merembet ke satu rumah warga yang terletak di belakang pabrik. Akibatnya, bangunan beserta surat-surat tanah pemilik rumah tersebut hangus terbakar.

"Satu rumah warga terbakar (di) belakang, habis satu rumah. Dan surat-surat tanah korban hangus," tuturnya.

Kendati demikian, Munir memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. “Korban jiwa dipastikan tidak ada,” ujarnya.

Munir menambahkan, kerugian akibat insiden tersebut mencapai Rp 3 miliar. "Berdasarkan keterangan pemilik pabrik, kerugian mencapai Rp 3 miliar,” jelasnya.

Rekomendasi