Gelombang di Pantai Selatan Jawa Barat Diprediksi Capai 4 Meter, BMKG Imbau Wisatawan Waspada

| 28 Dec 2022 18:14
Gelombang di Pantai Selatan Jawa Barat Diprediksi Capai 4 Meter,  BMKG Imbau Wisatawan Waspada
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memprediksi gelombang pantai selatan akan mengalami kenaikan dengan ketinggian 4 meter.

Didasari hal itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu meminta wisatawan maupun masyarakat yang ada di wilayah pantai di wilayah selatan Jawa Barat agar berhati-hati.

Sebab, pihaknya memprediksi kondisi gelombang pantai selatan yang sedang pasang atau mengalami kenaikan mencapai ketinggian 4 meter.

"Kondisi ini diprediksi terjadi hingga tanggal 2 Januari 2023," kata Rahayu, Rabu (28/12/2022).

Sementara, kawasan wisata di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bekasi) diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Untuk kawasan wisata wilayah Bodebek, masyarakat dihimbau berhati-hati pada tanggal 29 sampai 31 Desember 2022, karena wilayah tersebut diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat," ujarnya.

Rahayu mengungkapkan, kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya diprediksi akan berawan hingga hujan ringan dari pagi hingga sore pada periode tanggal 29 hingga 31 Desember 2022.

"Dan ada peluang turun hujan pada dini hari hingga menjelang pagi hari," ungkapnya.

Selain kedua wilayah tersebut, imbuh Rahayu, wilayah pesisir utara Jawa Barat diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat pada tanggal 29 sampai 31 Desember 2022.

"Hal ini serupa dengan kondisi cuaca di wilayah Jabodetabek," imbuhnya.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat tetap tenang, tidak panik, dan yang paling penting yakni tidak terhasut oleh berita bohong atau hoaks.

"Tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan potensi bencana hidrometeorologi. Dan selalu ikuti rambu-rambu serta saran keselamatan yang ada," pungkas dia.

Rekomendasi