Garut dan Pangandaran Diguncang Gempa Tektonik M4,9, BMKG: Guncangan Terasa hingga Tasikmalaya

| 03 Jan 2023 08:40
Garut dan Pangandaran Diguncang Gempa Tektonik M4,9, BMKG: Guncangan Terasa hingga Tasikmalaya
Titik lokasi gempa Garut dan Pangandaran (BMKG)

ERA.id - Wilayah Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Garut diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan M4,9 pada hari Selasa (3/1/2022), pukul 06:55:20 WIB. 

Episenter gempa terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km Barat Daya Kabupaten Barat Daya, Jawa Barat pada kedalaman 29 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut di Samudra Hindia selatan Jawa Barat," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta. 

Ia menjelasakn, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap). BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di Garut, Pangalengan, Bungbulang, Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Cidaun, dalam Skala Intensitas III MMI.

Di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, dan Kota Banjar dalam Skala Intensitas II - III MMI. Di Sukabumi, Cianjur dan Kabupaten Bandung dalam Skala Intensitas II MMI.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Hingga pukul 07:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi