Gelombang 4 Meter Berpotensi Terjadi di Enam Wilayah Sulut hingga 9 Januari

| 08 Jan 2023 08:20
Gelombang 4 Meter Berpotensi Terjadi di Enam Wilayah Sulut hingga 9 Januari
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara memperkirakan tinggi gelombang di enam wilayah perairan di Sulawesi Utara berpotensi empat meter.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 9 Januari 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror di Manado, Sulut, Sabtu (7/1/2022).

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut – timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara delapan hingga 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi, kata dia, diperkirakan terjadi di perairan Kepulauan Sangihe – Talaud yang dapat mendukung peningkatan tinggi gelombang di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Dia menyebutkan tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah, perairan utara Pulau Bunaken, perairan pesisir selatan Sulut dan Laut Maluku bagian Selatan.

Sementara tinggi gelombang 2,5 - 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, perairan Kabupaten Kepulauan Sitaro, Laut Sulawesi bagian Timur, perairan Bitung-Likupang dan Laut Maluku bagian Utara.

Dia berharap warga yang melakukan aktivitas di wilayah-wilayah perairan dengan tinggi gelombang yang membahayakan berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan.

Rekomendasi