Ratusan Pengungsi Asal Rohingya Kembali Masuk Indonesia Melalui Perairan Aceh

| 09 Jan 2023 14:40
Ratusan Pengungsi Asal Rohingya Kembali Masuk Indonesia Melalui Perairan Aceh
Ratusan pengungsi Rohingya tiba di Pantai Kuala Gigeng Lamnga, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/1/2023). (Humas Polda Aceh).

ERA.id - Ratusan pengungsi Rohingya kembali masuk ke Indonesia melalui perairan di Provinsi Aceh, pada Minggu (8/1/2023).

Satu unit kapal membawa ratusan pengungsi Rohingya ini berlabuh di Pantai Kuala Gigeng Lamnga, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu sore. Seluruh pengungsi Rohingya ini dilaporkan tiba dalam keadaan selamat.

"Hanya satu kapal yang mendarat. Dari hasil hitungan bersama, ada ratusan orang imigran Rohingya yang terdampar," terang Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, Senin (9/1/2023).

Joko mengatakan perhitungan dilakukan petugas gabungan TNI-Polri yang disaksikan oleh pihak Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pengungsi atau UNHCR serta Organisasi Internasional untuk Migrasi atau IOM. Dari perhitungan ini, diketahui total seluruh pengungsi Rohingya ini sebanyak 184 orang.

"Jumlah tersebut terdiri dari laki-laki dewasa 69 orang, perempuan dewasa 75 orang, dan anak-anak 40 orang," sebutnya.

Sementara ini, tambah Joko, petugas mengevakuasi ratusan pengungsi Rohingya ke Dinas Sosial (Dinsos) setempat.

"Petugas  melakukan proses evakuasi para imigran Rohingya ke pengungsian UPTD Dinas Sosial di Ladong. Nantinya akan dilanjutkan penanganan oleh BPBD, Imigrasi, dan Dinsos, serta instansi terkait lainnya," pungkasnya.

Rekomendasi