Sentul Bogor Macet karena Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia

| 17 Jan 2023 12:57
Sentul Bogor Macet karena Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia
Kemacetan panjang di pintu keluar Tol Sentul Barat, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

ERA.id - Kemacetan panjang terjadi di Kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa pagi, karena kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah se-Indonesia yang berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC).

Kemacetan terjadi di beberapa ruas jalur sekitaran SICC sejak pukul 07.00 WIB, bermuara di Simpang Bellanova dan persimpangan Hotel Harris.

Kepadatan kendaraan terjadi mulai dari pintu keluar Tol Sentul Selatan dan pintu keluar Tol Sentul Barat menuju Bellanova.

Kemudian, kemacetan juga terjadi di Jalan Raya Babakanmadang tepatnya mulai dari sekitaran SPBU hingga persimpangan dekat Hotel Harris.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto menjelaskan, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran SICC saat pelaksanaan Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia.

Menurutnya, kendaraan dari arah Sirkuit Sentul yang akan ke Bellanova melalui SICC dialihkan melalui Jalan Babakanmadang-Sentul City. Kemudian, kendaraan dari arah Babakanmadang yang akan ke Bellanova melalui SICC dialihkan melalui Jalan Sentul City.

Ia menjelaskan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional, tergantung kepadatan volume kendaraan di sekitaran lokasi acara.

"Kemungkinan saat bubaran sama kedatangan (peserta Rakornas) saja. Pada saat acara dimulai, mobil dan semuanya sudah terparkir rapi, arus (lalu lintas) tetap dinormalkan," terang Iptu Ardian.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Bayu Rahmawanto menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kepala daerah se-Indonesia.

"Rakornas kembali dilaksanakan di Kabupaten Bogor setelah sebelumnya Rakornas serupa pernah sukses dilaksanakan di tahun 2019," kata Bayu.

Ia menjelaskan, Presiden Joko Widodo diagendakan membuka Rakornas Kepala Daerah tahun 2023 sekaligus memberikan arahan kepada peserta Rakornas.

Rakornas tahun ini mengangkat tema "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi".

Tags : bogor sentul macet
Rekomendasi