Sudah Direncanakan Sejak lama, Emil Dardak dan Gibran Bertemu, Soal Pilkada?

| 20 Jan 2023 17:50
Sudah Direncanakan Sejak lama, Emil Dardak dan Gibran Bertemu, Soal Pilkada?
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyempatkan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia/Era)

ERA.id - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (20/1/2023). Pertemuan ini ternyata sudah direncanakan keduanya sejak beberapa bulan lalu.

"Ketemu mas wali kota waktu acara youth 20. Waktu itu saya sampaikan, kalau ada waktu saya pengin ngobrol-ngobrol. Sekali waktu saya pengin denger pengalaman Mas Wali dalam memimpin Solo. Kebetulan dengan adanya jalan tol ke luar kota gampang," kata suami Arumi Bachsin tersebut.

Emil mengaku baru saja pulang dari Jakarta. Kemudian pesawat yang ditumpanginya turun di Solo, Emil menyempatkan waktu bertemu Gibran, sebelum kembali ke Surabaya dengan jalur darat.

"Kebetulan saya ini dari Jakarta landing di Solo terus ini kembali ke Surabaya jalur darat," katanya.

Menurut Emil dalam pertemuan tersebut membicarakan banyak hal. Keduanya membahas mengenai kebudayaan dan transportasi. Dia juga melemparkan pujian pada Gibran karena dari  yang berlatar belakang pebisnis kemudian bisa memimpin Solo.

”Tadi ngobrol seru dengan Mas Wali. (beliau) berangkat dari latar belakang seorang entrepreneur, dengan leadershipnya bisa menangani masalah perkotaan di Solo. Dan dia juga punya banyak visi untuk mempererat persahabatan,” katanya.

Ia mencontohkan, Gibran mempunyai niatan untuk memajukan daerah-daerah Jawa Timur yang berbatasan dan dekat dengan Solo.

”Seperti Madiun, Ngawi. Kita punya niatan untuk maju bersama, menang bersama. Bukan malah menang-kalah, tapi menang-menang. Idenya tadi muncul soal transportasi dan kebudayaan,” ucapnya.

Pasca pertemuan ini Emil berencana menyampaikan pembahasannya dengan Gibran kepada Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa. Ia optimis jika Kofifah akan menyambut baik mengenai hal ini.

”Saya optimis jika akan disambut baik. Tadi saya biilang tentang ide kebudayaan dan transportasi,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menatakan jika pertemuan tersebut cukup menyenangkan. Ia berencana akan menindaklanjutinya.

”Masalah konektivitas, termasuk KRL Solo-Madiun. Kalau tadi Pak Wagub mengusulkan bis. Tapi nanti-nanti,” ucapnya.

Rekomendasi