Momen Petugas Damkar Bogor Tandu Bapak-Bapak Obesitas yang Tak Bisa Berdiri untuk Dibawa ke RS

| 31 Jan 2023 13:21
Momen Petugas Damkar Bogor Tandu Bapak-Bapak Obesitas yang Tak Bisa Berdiri untuk Dibawa ke RS
Petugas Damkar Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menandu pria obesitas bernama Singgih (43) warga Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Bogor, yang hendak berobat ke rumah sakit.

ERA.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membantu proses evakuasi pria obesitas bernama Singgih (43) warga Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Bogor, yang hendak berobat ke rumah sakit.

Kepala Seksi Penyelamatan dan Pertolongan Disdamkar Kabupaten Bogor, Asan di Cibinong, Bogor, Senin, menjelaskan bahwa evakuasi dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB saat Singgih hendak ke rumah sakit.

"Ada penderita obesitas meminta tolong kepada petugas damkar untuk diangkat dan dibawa ke rumah sakit karena sudah tidak bisa berdiri sendiri," kata Asan.

Menurutnya, penderita obesitas itu perlu bantuan petugas untuk dievakuasi karena kesulitan berjalan lantaran memiliki berat badan lebih dari 150 kilogram.

Asan menyebutkan bahwa, Tim Rescue dimintai tolong oleh pihak keluarga Singgih, untuk mengevakuasinya dari dalam rumah ke mobil ambulans untuk dibawa berobat ke salah satu rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

Proses evakuasi berjalan sekitar 30 menit. Petugas Damkar mengevakuasi dengan cara menempatkan Singgih di sebuah alas kasur, kemudian petugas mengangkat alas kasur tersebut bersama-sama.

"Kami angkat bersama kasurnya. Karena yang bersangkutan sudah kesulitan untuk berjalan. Kami angkat ke mobil ambulans saja," terang Asan.

Ia menyebutkan bahwa sedikitnya ada 10 petugas yang terlibat dalam proses evakuasi warga penderita obesitas dengan beberapa peralatan seperti tandu, karpet dan sarung tangan.

Rekomendasi