Jembatan Belawae Sidrap Hampir Rampung, Semoga Anak SD Belawae Tak Lagi Naik Rakit ke Sekolah

| 05 Feb 2023 08:47
Jembatan Belawae Sidrap Hampir Rampung, Semoga Anak SD Belawae Tak Lagi Naik Rakit ke Sekolah
Viral guru di SDN 2 Belawae Sidrap ke sekolah pergi dan pulang naik rakit karena tak ada jembatan.

ERA.id - Pembangunan Jembatan Pituriase, Kabupaten Sidrap, Sulsel, hampir rampung. Saat ini pekerjaannya sudah tahap 80 persen.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan dirinya membahas itu saat menerima kunjungan Bupati Sidrap Dollah Mando di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Jumat silam.

Kehadiran Dollah Mando untuk mengundang Gubernur Sulsel ke peringatan 679 tahun Kabupaten Sidrap.

"Alhamdulillah, progres untuk Jembatan Pituriase sudah mencapai 80 persen. Insya Allah tahun ini bisa dirampungkan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan cepat," kata Andi Sudirman.

Ia menjelaskan jembatan yang menghubungkan Desa Belawae Timur dan Desa Belawae Barat, Kecamatan Pitu Riase itu dibangun menggunakan dana bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel tahun anggaran 2022.

Kepala Bina Marga Kabupaten Sidrap Muhammad Yusuf menambahkan jembatan baru ini di desain dengan elevasi tinggi sebagai upaya proteksi saat banjir.

"Kita tingkatkan elevasinya. Kalaupun ada banjir, sudah tidak mencapai titik pengaman banjir tadi, jembatan ini juga didesain agar motor dengan kapasitas kecil itu bisa lewat," ujarnya.

Prioritas pembangunan jembatan tersebut tak lepas dengan kondisi akses yang tidak memadai.

Apalagi sebelumnya, lokasi itu sempat viral setelah guru dan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Belawae susah payah menyeberangi sungai menggunakan rakit melewati derasnya arus sungai.

Dengan hadirnya jembatan ini, nantinya para siswa dan guru sudah bisa ke sekolah dengan aman dan nyaman, tanpa khawatir harus mempertaruhkan nyawa untuk menyeberang sungai.

Rekomendasi