Jeka Saragih Kalah TKO, Edy Rahmayadi: Latihan Lagi!

| 06 Feb 2023 20:21
Jeka Saragih Kalah TKO, Edy Rahmayadi: Latihan Lagi!
Momen pertemuan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan Jeka Saragih di Rumah Dinas Gubernur Sumut. (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Atlet seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, Jeka Asparido Saragih harus mengakui keunggulan petarung asal India, Anshul Jubli, setelah kalah TKO pada laga final Road to UFC di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu 5 Februari 2023.

Hasil tersebut mengubur mimpi atlet kelahiran Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) untuk mendapatkan kontrak UFC. Kekalahan Jeka Saragih ini mendapat tanggapan dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang meminta Jeka tidak menyerah dan berlatih lebih keras lagi.

"Ya kalau kalah latihan lagi lah dia. Supaya nanti main lagi bisa menang," katanya kepada wartawan di halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Senin (6/2/2023).

Menurut Edy, langkah dari pihaknya memberi fasilitas kepada Jeka Saragih guna mendukung potensinya sebagai satu-satunya atlet MMA asal Indonesia. Mantan Ketua Umum PSSI ini kemungkinan pihaknya akan memberikan bonus saat Jeka Saragih tiba di Sumut.

"Kita doakan dia habis itu pemerintah memfasilitasi dia. Nanti kalau dia tak menang juga, hah Anda yang main. Perkara bonus, pulang aja belum gimana mau bonus," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Jeka Saragih harus takluk TKO pada ronde kedua. Wasit menghentikan pertarungan setelah Jeka tak mampu keluar dari tekanan Jubli yang terus mendaratkan pukulan telak ke wajahnya. 

Perjalanan Jeka hingga Masuk Final Road to UFC

Perjalanan Jeka Saragih hingga mampu masuk partai final Road to UFC serta menjadi satu-satunya atlet MMA asal Indonesia berkancah di intenasional melalui rintangan cukup berat. Petarung berjuluk Si Tendangan Maut ini sudah terjun ke dunia seni bela diri sejak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pria kelahiran tahun 1995 ini kerap mengikuti berbagai kejuaraan seni bela diri dari tingkat daerah hingga nasional. Tepatnya tahun 2016, Jeka bertekad mengikuti kejuaraan seni bela diri tingkat internasional dengan terjun ke MMA.

"Kemudian saya diajukan sama promotor One Pride untuk mengikuti Road to UFC di Singapura," ungkap Jeka seperti diberitakan Era, Senin 31 Oktober 2022.

Jeka menerangkan pada kesempatan tersebut promotor memberangkatkan sebanyak lima orang atlet termasuk dirinya. Hingga Jeka menjadi satu-satunya yang lolos dan berhak melaju ke partai semifinal Road to UFC.

Alhasil, Jeka berhasil menumbangkan altlet MMA asal Korea Selatan, Ki Won Bin, pada partai semifinal Road to UFC di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu 23 Oktober 2022. Jeka menang KO setelah pukulan kerasnya mengenai rahang Ki Won Bin.

Rekomendasi