Jeka Saragih Dikontrak UFC, Ini Alasan dan Catatan Prestasinya

| 09 Feb 2023 20:05
Jeka Saragih Dikontrak UFC, Ini Alasan dan Catatan Prestasinya
Jeka Saragih, petarung MMA Indonesia pertama yang dikontrak UFC (antaranews)

ERA.id - Dalam laga final Road to UFC 2022, Jeka Saragih kalah TKO dari Anshul Jubli. Meski demikian, Jeka Saragih dikontrak UFC. Hal tersebut diketahui berdasarkan video unggahan Jeka dan Mola Sport melalui Instagram, Kamis, 9 Februari 2023.

"Jeka Saragih bersama manajernya, Graham Boylan, telah menandatangani kontrak lima pertarungan bersama UFC, membuat Jeka sebagai petarung pertama dari Indonesia di UFC," tulis pernyataan resmi Mola, dikutip Era.

Jeka Saragih Dikontrak UFC meski Kalah

Jeka Saragih kalah TKO dari Anshul Jubli pada ronde kedua final Road to UFC yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu siang, 5 Februari 2023 WIB. Kekalahan tersebut tak membuat Jeka gagal mendapatkan kontrak dari UFC.

 Jeka Saragih saat menghantam lawannya dalam pertandingan MMA (Antara)

Salah satu alasan UFC tetap memberikan kontrak kepada Jeka adalah potensi hebat yang dimiliki Jeka dan pasar MMA di Indonesia yang terbilang besar. Petarung asal Bah Pasussang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ini menjadi petarung pertama yang mendapatkan kontrak dari UFC.

"Meski kekalahan Jeka di final Road to UFC, UFC tetap memberinya tawaran kontrak berdasarkan kemampuan kemenangan KO di babak sebelumnya. Jeka selanjutnya akan berlatih di Amerika Serikat untuk menjalani debut," tulis pernyataan resmi Mola.

Dalam video unggahan di Instagram, Jeka tampak sedang menandatangani kontrak bersama UFC.

"Ini Jeka Saragih, petarung pertama UFC yang berasal dari Indonesia. Tersenyumlah untuk kamera kawan, selamat," ujar Graham Boylan.

Sebagai orang yang mampu mencetak rekor di dunia MMA Tanah Air, Jeka berharap mendapat doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia, terutama dari warga Sumatra Utara, Siantar, Simalungun.

"Untuk masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara, Siantar, Simalungun, mohon doa dan dukungannya untuk pertarungan saya nanti di UFC. Horas!" ungkap Jeka.

Catatan Prestasi Jeka Saragih

Jeka Saragih mendapatkan kontrak UFC bukan tanpa perjalanan panjang dan perjuangan. Total, dia telah menjalani 16 pertandingan resmi di MMA Pro. Dari semua pertarungan tersebut, Jepa berhasil 13 kali menang dan 3 kali kalah.

Rincian dari 13 kemenangan tersebut adalah 11 kemenangan di One Pride MMA dan 2 kemenangan dalam Road to UFC. Sementara, kekalahan pertama Jeka dalam MMA Pro terjadi pada 10 September 2016.

Ketika itu, dia tak mampu mengungguli Kevin Sulistio (asal Indonesia) dalam One Pride MMA Fight Night 4. Kekalahan kedua Jeka didapatkan dari Angga Hans (asal Indonesia) pada 15 Februari 2020 dalam pertandingan One Pride MMA Fight Night 36.

Setelah kekalahan tersebut, Jeka Saragih menang dalam lima pertandingan berturut-turut. Hingga pada akhirnya, dia harus kembali menelan kekalahan saat menghadapi Anshul Jubli dalam pertandingan final Road to UFC 2022.

Dari 13 kemenangan Jeka, 8 kemenangan didapatkan Jeka dengan catatan KO/TKO. Kemudian, 4 kemenangan dia dapatkan dengan status submission dan 1 kemenangan dari keunggulan nilai.

Catatan tersebut menunjukkan bahwa Jeka Saragih dikontrak UFC adalah hal yang wajar. Di kalah di laga puncak, bahkan sempat jadi perbincangan lantaran gestur yang dia buat dalam laga final melawan Anshul Jubli. Meski demikian, Jeka merupakan petarung potensial dengan catatan yang bagus. 

Rekomendasi