Soal Kabar Kasus Gagal Ginjal Anak di Solo, Rumah Sakit Membantah: Pasien Sudah Membaik

| 08 Feb 2023 15:43
Soal Kabar Kasus Gagal Ginjal Anak di Solo, Rumah Sakit Membantah: Pasien Sudah Membaik
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kasus gagal ginjal akut atau Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) dikabarkan ditemukan di Solo. Pasien ini dikabarkan mengalami gagal ginjal akut usai meminum obat sirop Praxion.

Kabar adanya penyakit ini ditemukan di RSUD dr Moewardi. Saat dikonfirmasi pada rumah sakit yang bersangkutan, Direktur RSUD dr Moewardi Dr Cahyono Hadi mengatakan jika ada pasien dengan penyakit gagal ginjal akut di rumah sakitnya. Pasien ini masuk pada akhir bulan Januari lalu.

"Pasien ini bernama A. Usianya sekitar 10 tahun," katanya pada Rabu (8/2/2023).

Ia ini merupakan pasien rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di kota Solo. "Saat masuk pasien ini ada gejala gagal nafas, sepsis, infeksi saluran kencing. Kami juga curiga ada nefrotik. Ada juga penurunan fungsi ginjal," jelasnya.

Namun pasien ini tidak masuk dalam kategori GGAPA. Sebab ada beberapa kriteria gejala yang tidak terpenuhi.

"Memang awalnya tidak ada kemungkinan ke sana. Tapi sekarang pasien tidak memenuhi kriteria GGAPA," ujarnya.

Selama lima hari terakhir, pasien ini sudah dirawat di bangsal perawatan biasa. Fungsi ginjalnya sudah membaik dan fungsi kencingnya membaik.

Cahyono memastikan, rumah sakitnya belum merawat pasien gagal ginjal Atipikal sejak penyakit ini merebak pada tahun lalu. “Kalau gagal ginjal biasa banyak. Tapi sampai saat ini kasus gagal ginjal atipikal belum ditemukan,” tandasnya.

Rekomendasi