Kabar Baik, 200 Obat Gagal Ginjal Akut dari Jepang Tiba di Indonesia

| 29 Oct 2022 12:27
Kabar Baik, 200 Obat Gagal Ginjal Akut dari Jepang Tiba di Indonesia
Ilustrasi obat gagal ginjal. (ANTARA)

ERA.id - Sebanyak 200 obat untuk gagal ginjal akut, Fomepizole 1,5 ml dari Jepang telah tiba di Indonesia, Sabtu (29/10/2022). Obat injeksi berbentuk vial ini merupakan donasi dari PT Takeda Indonesia.

Obat tersebut keluar dari bandara Soekarno Hatta pukul 2 dini hari pada Sabtu dan akan langsung dikirim ke instalasi Farmasi Pusat. 

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan akan mendistribusikan obat tersebut sesuai yang dibutuhkan kepada seluruh rumah sakit rujukan tingkat provinsi di Indonesia.

"Obat antidotum ini akan diberikan secara gratis kepada seluruh pasien di Indonesia," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sabtu (29/10) di Jakarta.

Sebelumnya, 10 dari 11 pasien gagal ginjal akut yang mengkonsumsi obat sirup yang diduga terkontaminasi senyawa kimia berbahaya berangsur membaik setelah diberi obat ini selama perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).Tiga orang anak sudah tidak membutuhkan ventilator dan satu orang sudah dipulangkan.

Indonesia telah mendatangkan Fomepizole dari Singapura, Australia, dan Jepang, dan selanjutnya akan datang dari  Amerika Serikat.

"Ini upaya yang kita lakukan untuk melakukan pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal. Kita akan distribusikan ke seluruh rumah sakit pemerintah yang merawat pasien gangguan ginjal akut,” ucap Budi Gunadi Sadikin.

Rekomendasi