1.320 Anggota Dilantik Jadi Polisi RW di Tangerang

| 08 Feb 2023 23:34
1.320 Anggota Dilantik Jadi Polisi RW di Tangerang
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melantik Polisi RW. (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Sebanyak 1.320 personel Polres Metro Tangerang Kota dikukuhkan sebagai polisi RW (Rukun Warga) yang tersebar di 1.610 RW se-Kota dan Kabupaten Tangerang. Program ini guna mendengar, mencatat, dan mencari solusi permasalahan Kamtibmas secara langsung.

"Polisi RW ini bisa mendengarkan langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sekaligus mencatat dan mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, permasalahan pun akan cepat diselesaikan," ucap Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Rabu (8/2/2023).

Zain mengatakan, masyarakat bisa lebih cepat melapor ketika terjadi permasalahan di lingkungan. Tentunya tetap mengedepankan kerja sama dengan semua pihak seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah, ketua RW dan segenap tokoh masyarakat.

"Keberadaan polisi RW adalah bentuk kepolisian yang modern yang lebih mengedepankan kegiatan pencegahan dan proactive policing. Jadi, dengan adanya polisi RW ini, diharapkan juga semakin mempersempit ruang pelaku kejahatan dan mempercepat penyelesaian permasalahan sosial yang terjadi," ujarnya.

Zain menjelaskan, selain itu juga program ini untuk mememudahkan pengaduan jika terjadi kerawanan atau permasalahan, Polisi RW membagikan nomor teleponnya. Termasuk nomer para Kapolsek dan Kapolres kepada masyarakat saat sambang maupun kegiatan kemasyarakatan.

"Kami juga mensosialisasikan nomor telepon pengaduan kepolisian di Call Center 110 maupun nomor pengaduan Polres di 082211110110, serta memasang stiker yang berisi nomor telepon Polisi RW, Kapolres dan Kapolsek untuk bisa dihubungi bila dibutuhkan," katanya.

Zain menambahkan, kinerja para Polisi RW tersebut terintegrasi  dan dilaporkan dalam aplikasi Tangerang Akur, guna memonitor setiap kegiatannya. Tujuannya agar peran Polisi RW lebih dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

"Kegiatan Polisi RW akan terkontrol oleh kita melalui aplikasi Tangerang Akur, termasuk  laporan tertulis, berupa buku kunjungan" pungkasnya.

Rekomendasi