Jayapura Diguncang Gempa M5,4, Sejumlah Orang Dilaporkan Tertimbun Bangunan

| 09 Feb 2023 16:45
Jayapura Diguncang Gempa M5,4, Sejumlah Orang Dilaporkan Tertimbun Bangunan
Bangunan di Jayapura roboh akibat gempa M5,4. (Polda Papua).

ERA.id - Gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 terjadi di Kota Jayapura, Papua. Dampak gempa itu menyebabkan kerusakan bangunan dan fasilitas umum. Sejumlah orang dilaporkan tertimpa reruntuhan.

"Aparat gabungan TNI/Polri dan instansi lainnya saat ini sedang membantu korban yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa tersebut," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

Benny menerangkan gempa ini terjadi sekira pukul 15.28 WIT tadi. Personel di lapangan sedang melakukan evakuasi dan mendata bangunan-bangunan rusak serta jumlah korban.

Jubir Polda Papua ini pun meminta masyarakat untuk tetap waspada.

"Kami meminta kepada warga khususnya yang berada di Kota Jayapura untuk tetap waspada, cari tempat yang aman," ucapnya.

Sebelumnya, Wilayah Jayapura, Papua diguncang gempa tektonik pukul 13.28.02 WIB, Kamis (9/2/2023). 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 kilometer. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. 

Rekomendasi