Jokowi ke Industri Otomotif: Geser Sedikit-Sedikit ke Mobil Listrik

| 16 Feb 2023 13:33
Jokowi ke Industri Otomotif: Geser Sedikit-Sedikit ke Mobil Listrik
Presiden Jokowi naik motor di Mandalika (Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengajak industri otomotif mulai menggeser pembuatan kendaraan dari berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik, karena hampir di seluruh negara kini mulai mendorong penggunaan kendaraan listrik.

"Saya mengajak industri otomotif untuk melihat tren ini, dan sedikit demi sedikit untuk menggeser industrinya ke arahg tren yang hampir semua negara saat ini ke arah itu, dari combution ke geser sedikit-sedikit ke mobil listrik," kata Jokowi saat menghadiri pembukaan Indonesia International Motor Show 2023 di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Dia bilang, saat ini pemerintah juga terus mendorong pembuataan kendaraan listrik dari hulu ke hilir. Harapannya, Indonesia bisa masuk ke rantai pasok global untuk kendaraan listrik. "Dari EV baterai, dari lithium baterai semuanya ini kita dorong supaya segera bisa selesai," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai pemasok kendaraan listrik, maka para investor pun didorong untuk masuk berinvestasi pengembagan baterai kendaraan listrik.

"Jadi investor sekarang kalau dia ingin membuat prosesor, harus setop dulu. Harus masuk ke EV baterai, sehingga kita bisa mendapatkan nilai tambah yang lebih dari industri yang kita miliki," ucap Jokowi.

Rekomendasi