Lagi, Pengungsi Rohingya Masuk Indonesia Melalui Aceh, Jumlahnya 69 Orang

| 17 Feb 2023 09:04
Lagi, Pengungsi Rohingya Masuk Indonesia Melalui Aceh, Jumlahnya 69 Orang
69 etnis Rohingya berlabuh di pesisir pantai Desa Ujong Keupula, Kemukiman Lampanah, Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar, Kamis (16/2/2023). (Ilham/ERA).

ERA.id - Pengungsi asal Myanmar dari etnis Rohingya kembali masuk Indonesia melalui Provinsi Aceh, Kamis (16/2/2023). 

Mereka berlabuh di pesisir pantai Desa Ujong Keupula, Kemukiman Lampanah, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, dengan menggunakan kapal boat kayu berukuran 15x4 meter.

Mereka berjumlah 69 orang yang terdiri dari 26 pria dewasa, 23 wanita dewasa dan 20 anak-anak.

"Benar, satu bot kayu beserta 69 penumpang yang merupakan imigran Rohingya terdampar di Lampanah, Aceh Besar," terang Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto.

Joko mengatakan pihaknya bersama Dinas Sosial Aceh Besar dan Muspika Seulimeum telah mendata dan mengecek kesehatan terhadap seluruh pengungsi asal Rohingya tersebut. Seluruhnya tiba dengan keadaan selamat.

"Selanjutnya akan dibawa ke tempat penampungan di UPTD Dinas Sosial di Ladong untuk ditindak lanjut oleh IOM dan UNHCR," pungkasnya.

Untuk diketahui, ini merupakan gelombang kedua etnis Rohingya masuk ke Indonesia melalui Aceh di tahun 2023. Sebelumnya, ratusan Rohingya berlabuh di Pantai Kuala Gigeng Lamnga, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu 8 Januari 2023.

Sementara jumlahnya sebanyak 184 orang dan seluruhnya tiba dalam keadaan selamat. Mereka dievakuasi ke tempat pengungsian di UPTD Dinas Sosial di Ladong.

Rekomendasi