Ganjar Sebut Megawati Lahir dari Muhammadiyah

| 22 Feb 2023 20:05
Ganjar Sebut Megawati Lahir dari Muhammadiyah
Ganjar Pranowo saat hadir di Muktamar Pemuda Muhammadiyah (Dok Tim Ganjar)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengklaim sejumlah tokoh lahir dari Muhammadiyah,  termasuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri pembukaan Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023).

“Kita tahu bagaimana pergerakan Muhammadiyah dari waktu ke waktu. Banyak tokoh Muhammadiyah tampil menjadi pemimpin, menjadi konseptor, dan bermanfaat untuk bangsa dan negara,” kata Ganjar dalam pernyataan tertulisnya.

Menurut dia, satu di antara tokoh itu adalah Megawati Soekarnoputri. Megawati yang juga hadir dalam acara itu menurut Ganjar adalah contoh tokoh hebat yang lahir dari rahim Muhammadiyah.

“Tadi Pak Haedar (Nashir, Ketum PP Muhammadiyah) menceritakan tentang Bu Mega. Bu Mega itu bukan orang lain, beliau adalah keluarga Muhammadiyah. Karena Bu Fatmawati, Bung Karno adalah kader Muhammadiyah. Tentu banyak tokoh lain yang saling mengisi, saling belajar dan punya manfaat banyak untuk bangsa dan negara,” jelasnya.

Ganjar optimistis, Muhammadiyah akan terus melahirkan tokoh-tokoh bangsa. Adapun Pemuda Muhammadiyah adalah salah satu wadah untuk mewujudkan itu semua.

“Makanya saya sepakat dengan Cak Nanto (Sunanto, Ketua Pemuda Muhammadiyah), Pemuda Muhammadiyah adalah aset bangsa yang mesti dipertimbangkan, diperhitungkan, dan diajak terlibat semua komponen masyarakat,” ucapnya.

Ganjar menambahkan, Presiden Joko Widodo secara langsung meminta Pemuda Muhammadiyah untuk terlibat aktif dalam pembangunan bangsa. Jokowi meminta anak muda sadar bahwa Indonesia bisa menjadi negara adidaya.

Jokowi, lanjut Ganjar, memberikan spirit kepada Pemuda Muhammadiyah, bahwa Indonesia bisa menjadi negara kaya. Banyak negara yang tergantung dengan negara ini.

“Sumber daya alam kita melimpah, ada nikel, bauksit, dan lainnya. Kalau itu bisa diolah sendiri, maka hasilnya bisa berlipat. Maka pak Presiden menyampaikan semua harus kita kelola sendiri. Jika kita digugat dan kalah, maka apa yang kita lakukan. Lawan! Pemuda Muhammadiyah juga siap melawan,” pungkasnya.

Acara pembukaan Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur dihadiri Presiden Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri, dan para tokoh.

Sebelum acara dimulai, Ganjar diajak keliling Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto. Seperti tampak dari video yang dibagikan, ratusan kader Muhammadiyah langsung mengerubuti Ganjar dan mengajak berswafoto. Beberapa kali sempat terlontar teriakan "presiden" ke Ganjar dari para kader.

Rekomendasi