Viral Pemilik Panti Asuhan di Palembang Siksa Anak-Anak dengan Brutal, Kini Dia Ditangkap

| 28 Feb 2023 07:49
Viral Pemilik Panti Asuhan di Palembang Siksa Anak-Anak dengan Brutal, Kini Dia Ditangkap
Ilustrasi pukulan (Unsplash/Dan Burton)

ERA.id - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan memastikan delapan anak di panti asuhan Fisabilillah Al-Amin Palembang, negatif dari penyakit HIV (human Immunodeficiency virus) setelah diperiksa.

Menurut kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, dr Trisnawarman, anak-anak di panti itu terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Semuanya menjadi korban gebuk oleh pemilik panti asuhan, berinisial MH, Sabtu 25 Februari 2023.

Kemudian pelaku MH (51), ditangkap oleh aparat Kepolisian Resor Kota Besar dan dinyatakan positif HIV saat diperiksa medis oleh dokter Disaster Victim Identification (DVI) kepolisian, Minggu 26 Februari 2023.

“Oleh karena itu tenaga kesehatan diminta memeriksa pula kesehatan para korban (dikhawatirkan tertular, red). Hasilnya delapan orang anak itu negatif dari HIV,” kata Trisna, anak-anak tersebut beserta 18 orang rekannya yang lain saat ini sudah direlokasi dari panti asuhan Fisabilillah Al-Amin ke panti asuhan binaan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, saat ini MH (51) telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di ruang tahanan kantor kepolisian setempat.

Penetapan status tersangka tersebut dilakukan setelah penyidik Satuan Reserse Kriminal mendapatkan keterangan saksi, korban yang didukung kecukupan alat bukti seperti video rekaman.

Beberapa video rekaman barang bukti kepolisian tersebut di antaranya yang viral di berbagai media sosial sejak Sabtu 25 Februari 2023. Di mana MH memukul, menendang anak asuhannya yang masih berusia di bawah 10 tahun.

“Kasus ini masih dalam proses pengembangan, memang dari pemeriksaan juga terungkap kalau tersangka (MH) ini sudah berkali-kali menganiaya beberapa orang anak panti dan dia juga HIV. Akan segera kami sampaikan perkembangannya,” tandasnya.

Rekomendasi